Mesin ADM Telah Tersedia, Mendagri Sebut Buat KTP Hanya 1,5 Menit

Pelayananpublik.id- Mendagri Tito Karnavian mengatakan sekarang membuat KTP dan dokumen kependudukan lain tidak akan seribet dulu. Bahkan saat ini membuat KTP hanya butuh waktu semenit.

Itu dikatakannya saat mengunjungi Mal Pelayanan Publik Magetan.

Ia ingin melihat mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang disebut-sebut pertama di Indonesia.

hari jadi pelayanan publik

“Saya hanya ingin melihat sudah bisa digunakan belum, dengan adanya ADM di Magetan. Respons pertama atas mesin ini Bupati Magetan yang luar biasa,” ujarnya belum lama ini.

Ia pun berharap seluruh daerah ADM diterapkan di seluruh daerah di Indonesia agar pelayanan publik semakin prima.

Mantan Kapolri tersebut pun mencoba langsung mesin tersebut. Hasilnya, Tito dapat membuat dokumen e-KTP yang keluar dari mesin hanya dalam waktu sekitar 1,5 menit.

“Agar jika mengurus dokumen tidak ribet. Selama ini berbelit proses melalui RT/RW, dipermudah di sini. Nah itu satu menit sudah keluar e-KTP-nya,” tambah Tito.

Didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Mendagri Tito disambut Bupati Magetan Suprawoto membuktikan pencetakan e-KTP. Bupati Magetan mengaku terbantu dengan adanya mesin ADM, karena bisa bekerja cepat dalam pembuatan dokumen.

Mesin cetak e-KTP atau ADM diluncurkan Kemendagri sejak November 2019. ADM merupakan mesin atau perangkat pelayanan cetak dokumen kependudukan.

ADM dikembangkan untuk bisa mencetak 23 dokumen kependudukan. Seperti e-KTP, KK, Akta Kelahiran, surat pindah dan lainnya.

Dalam pembuatan e-KTP menggunakan mesin ADM, pemohon bisa langsung memilih di layar monitor menggunakan menu QR code. Hanya butuh waktu sekitar satu menit. (ist)