Pengertian Komputer, Manfaat Hingga Perkembangannya dari Masa ke Masa

Pelayananpublik.id- Komputer merupakan alat yang kita pergunakan sehari-hari. Sejak kehadirannya, komputer banyak membantu manusia di berbagai bidang.

Bisa dirasakan kehadiran komputer yang dulunya mungkin hanya untuk menghitung, menulis dokumen dan pekerjaan sederhana lainnya, kini malah mencakup hampir semua hal.

Nah, sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita pahami dulu apa pengertian komputer.

Komputer berasal dari kata Computare yang artinya menghitung. Dari segi bahasa, komputer adalah alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.

Secara umum, Komputer didefinisikan sebagai seperangkat alat elektronik yang mengubungkan komponen satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan informasi yang sebelumnya telah diolah terlebih dahulu.

Komputer terdiri dari 3 elemen yakni : Hardware (perangkat keras) seperti Processor, Harddisk, RAM, CPU, Motherboard. Software (perangkat lunak) seperti aplikasi- aplikasi dan juga Sistem Operasi yang akan bekerja sesuai perintah yang diberikan oleh Brainware (pengguna).

Pengertian komputer menurut KBBI adaalah alat elektronik yang bekerja secara sistematis dan cermat untuk mengolah berbagai macam data. Seperti data angka, suara dan gambar.

Menurut Robert H Blissme, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. (r)

Fungsi Dasar Komputer

Komputer memiliki fungsi dasar yakni sebagai pusat pengolahan, penyimpanan, pemindahan dan pengendalian data.

1. Pengolahan Data (Data Processing)

Komputer digunakan untuk pengolahan data sehingga dapat menghasilkan output berupa suatu Informasi. Data yang diolah umumnya data berupa dokumen, teks, suara, kata, objek, video, gambar dan grafik.

2. Penyimpanan Data (Data Storage)

Komputer berfungsi untuk pengamanan dan pemakaian kembali data. komputer dapat melakukan fungsi penyimpanan dan pengambilan data. Misalnya ketika menggunakan Ms. Word kita dapat melakukan penyimpanan (save) data tersebut ke dalam hardisk dan juga dapat mengambil kembali data tersebut (open).

3. Pemindahan Data (Data Movement)

Komputer juga dapat melakukan pemindahan data dari satu kemputer ke komputer lain atau alat- alat output lain.

4. Pengendalian (Control)

Komponen Dalam Komputer

Komputer (Ilustrasi)

Komponen input adalah komponen hardware yang berfungsi sebagai pintu masuk tugas- tugas yang akan diberikan pada komputer. Contohnya keyboard, mouse, microphone, trackpad dan lainnya.

Komponen proses adalah komponen yang fungsinya memproses perintah yang diberikan oleh user untuk kemudia ditampilkan pada komponen output. Contohnya prosessor, motherboard, hardisk, RAM dll.

Komponen output dalah komponen yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah di proses sebelumnya. Contohnya monitor, printer, speaker dan lainnya.

Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Sebelum menjadi sepraktis sekarang, komputer dulunya merupakan mesin yang berukuran besar loh. Jadi jangan bayangkan Anda membawa-bawa komputer generasi pertama ke mana-mana ya.

Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946, mesinnya masih kompleks dan terdiri dari banyak sekali komponen. Namun tahun-tahun berganti, komputer pun kian minimalis hingga bisa dibawa kemana-mana bahkan dibawa tidur sekalipun.

Berikut adalah penjelasan perkembangan komputer dari generasi pertama hingga sekarang ini.

1. Komputer Tabung Vakum (1946 – 1959)

Komputer tabung vakum merupakan komputer angkatan pertama. Tabung vakum sendiri merupakan sebuah material yang sangat cepat menghantarkan panas sehingga ini dinilai kurang efektif jika digunakan pada masa sekarang. Selain menghasilkan panas yang berlebih, komputer ini juga membutuhkan daya listrik yang besar untuk dapat mengoperasikannya.

Yang lebih mengejutkannya lagi adalah berat komputer generasi pertama ini ternyata mencapai hingga 30 ton dan bahkan menggunakan 18 ribu tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi per tabungnya. Komputer pertama ini bernama ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer yang diciptakan oleh Mauchly dan Echert.

2. Komputer Transistor (1959 – 1965)

Setelah komputer tabung vakum yang dianggap kurang efektif, muncullah teknologi komputer terbaru pada masa itu dengan menggunakaan transistor.

Berbeda dengan tabung vakum yang berukuran besar, transistor sendiri memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil serta tidak menghasilkan panas berlebihan. Dengan menggunakan transistor, otomatis perangkat komputer yang diciptakan bisa berbentuk lebih kecil dibanding sebelumnya.

Komputer generasi kedua ini tidak mewarisi komponen-komponen komputer terdahulunya. Sebab, bahasa mesin yang dulu digunakan di komputer pertama ternyata juga diganti menjadi bahasa assembly atau kata lainnya adalah bahasa simbolik. Dan hal itu tentu utamanya lebih memudahkan, karena pengguna dan programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata.

Setelah dirilisnya komputer generasi kedua, bahasa pemrograman tingkat tinggi juga sedang dikembangkan pada saat itu; seperti halnya Common Business-Oriented Language (CBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Perubahan bahasa pemrograman tersebut ternyata memberikan dampak yang efektif untuk komputer sekaligus memberikan manfaat komputasi yang lebih cepat dan akurat.

3. Komputer Sirkuit Terintegrasi (1965-1971)

Setelah generasi transistor kemudian muncul teknologi sirkuit terintegrasi. Meskipun memakai sirkuit terintegrasi, komponen transistor tidak serta merta ditinggalkan begitu saja tapi masih dipakai untuk membantu kinerja komputer generasi ketiga ini.

Dan yang pasti, transistornya sendiri tidak lagi berukuran besar, namun sudah diminiaturkan dan diletakan pada IC. Satu buah IC itu terdiri dari beberapa transistor, resistor, dan kapasitor.

Komputer pada generasi ini terlihat jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer pada generasi-generasi sebelumnya. Sekaligus temuan ini menjadi komputer pertama yang menggunakan keyboard dan monitor dengan interface sistem operasi.

Perlu diketahui bahwa komputer-komputer generasi sebelumnya tidak menggunakan keyboard sebagai sarana penginputannya, melainkan menggunakan kartu berlubang dan pita kertas, yang artinya teknologi pada saat itu tentu jauh tertinggal jika dibandingkan pada saat terciptanya komputer generasi ketiga.

4. Komputer Generasi Microprosessor (1971 – Sekarang)

Yang terlahir pada generasi keempat adalah komputer berjenis microprosesor yang bahkan masih digunakan hingga sekarang dan yang masih kita lihat pada umumnya. Microprosesor sendiri menggabungkan beberapa komponen menjadi satu dalam chip yang kecil. Chip tersebut terdiri dari ribuan transistor dan elemen sirkuit lainnya yang dihubungkan menjadi satu. Artinya secara otomatis hal itu juga membuat sebuah komputer berukuran lebih kecil.

Perkembangan komputer generasi keempat ini dibuat dan dicetuskan oleh Intel, salah satu perusahaan teknologi yang menciptakan chip Intel 4004 yang kemudian menjadi cikal bakal komponen inti dari perangkat komputer. Sedangkan yang menciptakan komputer modern untuk pertama kali adalah dari perusahaan IBM yang didesain khusus untuk penggunaan rumahan. Lalu menyusul Apple dengan komputer Macinthos-nya pada tahun 1984.

Komputer generasi keempat adalah salah satu contoh perkembangan teknologi menuju kearah yang lebih praktis dan lebih efisien untuk aktivitas manusia tentunya. Inovasi selanjutnya hasil dari perkembangan komputer generasi keempat yakni menghasilkan komputer portabel yang bisa dibawa kemana pun dan dapat dioperasikan kapan pun atau yang biasa disebut laptop.

Nah, demikianlah ulasan mengenai pengertian komputer, fungsi, komponen hingga perkembangannya dari masa ke masa. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *