Masyarakat Diminta Waspada Hujan Lebat dan Banjir pada 24-29 Januari

Pelayananpublik.id- Musim hujan masih melanda sebagian besar wilayah Indonesia. Seperti yang diketahui, baru-baru ini Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir hingga memakan korban jiwa puluhan orang.

Untuk itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga tetap waspada terhadap potensi hujan lebat yang akan terjadi.

BMKG mengingatkan masyarakat waspada potensi hujan lebat pada 24-29 Januari 2020.

hari jadi pelayanan publik

Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Mulyono R. Prabowo mengatakan hal itu karena sirkulasi siklonik di sekitar Samudra Hindia Selatan Lampung yang diprakirakan akan terbentuk pada tanggal 24 hingga 26 Januari 2020 menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, sambungnya, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembap dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

“Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat,” ujarnya dilansir dari laman Setkab RI, Jumat (24/1/2020).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan Intensitas Lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di wilayah sebagai berikut:

Untuk periode 24 hingga 26 Januari 2020 adalah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua.

Sedangkan untuk periode 27-29 Januari 2020 adalah Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Papua.

Berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat, ada beberapa daerah yang berpotensi terkena banjir/genangan pada 24-25 Januari 2020.

Adapun daerah yang siaga banjir adalah DKI Jakarta (SIAGA), Jawa Barat (SIAGA), Jawa Tengah (SIAGA), Sulawesi Tengah (SIAGA), Sulawesi Barat (SIAGA).

Selain banjir, warga juga diminta waspada bencana lain seperti tanah longsor, air bah, angin kencang, pohon tumbang dan lainnya. (*)

Sumber: Setkab RI