Ini Dia 10 Jasa Pengiriman Terpopuler di Indonesia

Pelayananpublik.id- Seiring semakin berkembangnya bisnis online di seluruh dunia termasuk Indonesia, bisnis jasa pengiriman atau ekspedisi pun semakin menggiurkan pengusaha.

Jika dulu hanya ada beberapa jasa pengriman barang seperti Pos dan TiKi, kini perusahaan jasa pengiriman pun semakin berkembang pesat dan bertambah banyak di Indonesia.

Masyarakat pun semakin leluasa memilih perusahaan ekapedisi mana yang dirasa lebih cocok dengan kebutuhan mereka.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Kini, setidaknya ada 10 jasa pengiriman yang paling populer di Indonesia, siapa saja mereka?

1. JNE

JNE merupakan salahsatu jasa pengiriman yang paling sering dipakai oleh masyarakat terutama untuk bisnis online.

JNE menawarkan jasa antar ke tempat untuk barang partai kecil dan besar. Mereka kini juga memiliki banyak agen di berbagai daerah termasuk kota-kota kecil.

Sejak didirikan tahun 1990, JNE terus memperluas jaringannya, banyak gerai cabang yang bisa ditemukan.

Selain itu JNE juga menawarkan banyak layanan seperti layanan jemput-antar ASI, kirim uang, dokumen penting, dan lainnya.

2. J&T Express

Setelah JNE adapula J&T Ekspress yang tak kalah populer. Meski masih terbilang baru, J&T pun telah sukses memiliki pangsa pasar menyaingi JNE.

J&T pun semakin populer ketika diiklankan oleh Deddy Corbuzier.

J&T Express berdiri sejak 2015, dan kinu mereka telah memperluas jaringan dan bersaing dengan perusahaan logistik yang lebih senior, dengan menerapkan perkembangan teknologi sebagai dasar dari sistemnya, dan mengeksekusi penjemputan yang cepat.

3. POS Indonesia

Badan usaha milik negara (BUMN) yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1746. Saat ini Pos Indonesia tidak hanya melayani jasa pos dan kurir, tetapi juga jasa keuangan, yang didukung oleh titik jaringan sebanyak 4.800 kantor pos dan 58.700 titik layanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Layanannya pun beragam, selain pengiriman surat dan paket, tersedia juga jasa pengiriman uang, kargo, dan lainnya.

4. TIKI (Titipan Kilat)

Berdiri sejak tahun 1970, TIKI sebagai salah satu perusahaan ekspedisi tertua di Indonesia, masih mampu bersaing dengan menerapkan tarif pengiriman yang kompetitif.

Berbagai produk dan layanan pun diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, seperti Same Day Services, Over Night Services, Holiday Delivery Services, Trucking Service, Jemputan Online, dsb.

5. SiCepat

Salahsatu jasa pengiriman barang yang populer di Indonesia adalah SiCepat. SiCepat adalah perusahaan ekspedisi meliputi transportasi dan udara yang berdiri sejak tahun 2004. Sesuai dengan namanya, kurir ini selalu berusaha untuk selalu cepat dalam pengiriman.

Pihak SiCepat mengklaim bahwa layanan mulai dari 15 jam sampai, dengan tarif regular terutama di wilayah Jabodetabek dan kota besar lainnya di Indonesia telah mencapai target perusahaan yaitu 95%.

6. Pahala Express

Pahala Express sudah beroperasi sejak 2008, dan menawarkan berbagai layanan pengiriman, mulai dari yang ekonomis hingga ekspres.

Kini, Pahala Express memiliki 29 kantor cabang dan 500 cabang agen yang tersebar di Indonesia.

7. Indah Logistik

Nama Indah Logistik pun terkenal sebagai jasa ekspedisi di Sumatera.

Indah Logistik didirikan oleh Arizal Aziz pada awal tahun 2000 dengan nama CV Indah Travel.

Karena titipan barang semakin banyak, perusahaan ini mendapat teguran dari Dinas Perhubungan setempat karena membawa barang melebihi kapasitas dan disarankan agar membuka perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan izin khusus untuk Jasa titipan barang.

Lalu pada tahun 2007 PT. Indah Cargo pun lalu didirikan.

8. Wahana

Perusahaan jasa pengiriman ini berdiri sejak 1998, dan mulai mengirimkan paket ke kota-kota besar di seluruh Indonesia sejak tahun 2002.

Kini Wahana Logistik memiliki puluhan kantor cabang utama yang tersebar di seluruh Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

9. Pandu Logistics

Perusahaan ekspedisi selanjutnya adalah Pandu Logistik. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 1992, hingga kini telah ada sebanyak 180 kantor cabang atau agennya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berbagai layanan pun ditawarkan, seperti pengiriman ekspres, pergudangan, dan pengiriman internasional.

10. First Logistic

Didirikan pada tahun 2007, perusahaan kurir lokal ini melayani paket pengiriman sampai di hari yang sama (same day services), sampai di hari kerja berikutnya (next day services), dan sampai antara 2-3 hari berikutnya (regular services).

Beberapa perusahaan ekspedisi telah melengkapi layanan cek resi secara online. Sehingga pelangan tidak risau paketnya tidak terkirim atau salah alamat.

Nah, berdasarkan Google Trends, secara berurutan, kurir pengiriman paket yang paling populer adalah:

1. JNE Express

2. J&T Express

3. TIKI

4. Pos Indonesia

5. SiCepat

Itulah 10 perusahaan ekspedisi yang terpopuler di Indonesia. Tentu saja masing-masing perusahaan mempunyai keunggulan dan keistimewaan masing-masing. Tinggal pilih yang mana yang sesuai selera Anda. (*)