Cara Cek Resi JNE dan JNT

Saat ini bisnis online sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Mulai dari tua, muda, kalangan ekonomi menengah bawah hingga atas pun ikut berpartisipasi baik sebagai penjual maupun pembeli.

Nah, sejak adanya penjualan online maka pelanggan tak perlu lagi jauh-jauh mendatangi sebuah toko. Mereka tinggal pesan barang yang mereka inginkan, bayar, lalu barang tersebut akan dikirim ke alamat pelanggan melalui perusahaan ekspedisi.

Di Indonesia ada banyak perusahaan ekspedisi. Saat ini yang digemari masyarakat di antaranya adalah JNE dan JNT.

Perusahaan Ekspedisi JNE

JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE).

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) untuk mengurusi jaringan kurir internasional.

Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hong Kong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.

JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.

Selama bertahun-tahun TiKi dan JNE berkembang dan menjadi dua perusahaan yang punya arah masing-masing. Karena ini kedua perusahaan tersebut menjadi saingan. Akhirnya JNE menjadi perusahaan diri sendiri dengan manajemen sendiri. JNE membuat logo sendiri yang membedakannya dari TiKi.

Saat ini agen JNE pun ada di setiap daerah di Indonesia, sehingga barang yang dipesan bisa sampai bahkan ke kota kecil sekalipun.

Perusahaan Ekspedisi JNT

J&T Express merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 20 Agustus 2015. Perusahaan ini umumnya bergerak di bidang logistik.

kini, PT Global Jet Express pemilik merek dagang Jasa Pengiriman Ekspress J&T Express sudah merambah 5 negara di Asia Tenggara.

Kelima negara tersebut yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina dan Thailand. Kelima negara tersebut diurutkan berdasarkan urutan pendirian ekspansinya.

JNT menghadirkan beberapa layanan yang sama seperti di tanah air, J&T Express Thailand menghadirkan layanan fasilitas 24 jam layanan call center, pemesanan dan pemantauan via website dan aplikasi ponsel, serta layanan jangkauan luas dan merata. Hingga saat ini, terdapat 300 drop point dengan lebih dari 4.000 karyawan di J&T Express Thailand, dan akan terus bertambah.

Fitur Cek Resi dan Lacak Paket

Baik JNE mapun JNT kini dilengkapi dengan fitur cek resi dan lacak paket. Jadi Anda tidak perlu khawatir kiriman Anda tidak sampai. Anda bisa mengecek kiriman Anda sudah sampai mana dengan mengecek nomor resinya.

Cara cek resi JNE & JNT juga gampang, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Download Aplikasi

JNT dan JNE menyediakan aplikasi untuk memuaskan pelanggannya. Di aplikasi Anda juga bisa melacak paket Anda dengan memasukkan nomor resi.

2. Cek ke website resmi

JNE : https://www.jne.co.id/id/tracking/trace

JNT: jet.co.id

3. Cek website lain

Ada beberapa website yang menyediakan layanan cek resi perusahaan ekspedisi. Anda boleh mencobanya dan masukkan nomor resi pengiriman barang Anda untuk melacaknya.

Contoh website yang menyediakan layanan cek resi adalah https://resi.ceklengkap.com/.

Demikian ulasan mengenai cara cek resi JNE dan JNT. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.