Cara Cek Resi Pos dan Tiki

Pelayananpublik.id- Seiring semakin berkembangnya bisnis online di Indonesia, perusahaan ekspedisi atau jasa pengantaran barang pun semakin subur.

Dengan adanya perusahaan ekspedisi, barang yang dibeli pun bisa diantarkan langsung ke tangan pembeli setelah mereka melakukan transaki.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa antar barang. Di antara perusahaan ekspedisi yang terkenal di tanah air adalah PT Pos Indonesia dan Titipan Kilat atau Tiki.

PT Pos Indonesia

PT Pos Indonesia sudah dikenal sejak dulu sebagai perusahaan pengantaran barang. Dulu PT Pos Indonesia hanya fokus untuk mengirim surat.

Namun saat ini kebutuhan masyarakat sudah berganti. Dan PT Pos pun menerima pengiriman barang.

Sejak tahun 1746 Pos Indonesia ditunjuk oleh Pemerintah menjadi Platform Logistik National karena memiliki jaringan yang luas dan lengkap tersebar ke seluruh Indonesia.

Sejarah mencatat keberadaan Pos Indonesia begitu panjang, Kantor Pos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda.

Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik.

Saat ini PT Pos Indonesia juga memiliki banyak layanan pengiriman mulai dari pengiriman surat, dokumen hingga kargo.

Jasa Pengiriman TIKI

PT. Citra Van Titipan Kilat (TiKi) adalah sebuah PT yang berdiri sejak tahun 1970 memiliki fokus di bidang logistik jasa pengiriman barang domestik dan internasional.

Sudah lebih dari 500 gerai TiKi berdiri tersebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Purwokerto, Jakarta, Cilacap, Banyumas, Surabaya dan kota lainnya.

Angka 500 tersebut telah berhasil didapatkan oleh TiKi berkat fleksibilitas mereka memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia membuka gerai agen dan menggunakan merk dagang TiKi untuk melayani pengiriman barang domestik dan internasional.

Fitur Cek Resi dan Lacak Barang

Seperti perusahaan ekspedisi lainnya, Pos dan Tiki juga memiliki fitur lacak barang dengan cara mengecek nomor resi.

Dengan melakukan cek resi, Anda bisa memantau barang Anda telah sampai mana dan kapan akan sampai ke tangan Anda.

Cara mengecek resi kedua perusahaan ekspedisi itu pun cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek resi barang yakni

Cara cek resi juga gampang, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Download Aplikasi

Pos dan Tiki menyediakan aplikasi untuk memuaskan palanggannya. Di aplikasi Anda juga bisa melacak paket Anda dengan memasukkan nomor resi.

2. Cek ke website resmi

Tiki : https://www.tiki.id/id/tracking

POS : https://www.posindonesia.co.id/id/tracking

3. Cek website lain

Ada beberapa website yang menyediakan layanan cek resi perusahaan ekspedisi. Anda boleh mencobanya dan masukkan nomor resi pengiriman barang Anda untuk melacaknya.

Contoh website yang menyediakan layanan cek resi adalah https://resi.ceklengkap.com.

Demikian ulasan mengenai cara cek resi Pos dan Tiki. Semoga bermanfaat. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *