Pengertian Proposal Penelitian, Kegiatan, Usaha dan Skripsi

Pelayananpublik.id- Selain surat-menyurat, Anda juga pasti tak asing lagi dengan istilah proposal. Ya, proposal ini lebih kepada permohonan untuk sesuatu.

Proposal adalah sebuah rencana dan rancangan kerja secara sistematis dan detail. Tujuan dibuatnya proposal sebagai pedoman dan acuan dari sebuah rencana pelaksanaan kegiatan atau usaha tertentu.

Dalam dunia administrasi ada beberapa jenis proposal yang dikenal yakni:

1. Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah salah satu jenis proposal yang digunakan dalam bidang akademisi.

Jenis proposal penelitian diajukan untuk melakukan riset dan penelitian tentang topik seputar ilmu pengetahuan. Proposal penelitian bisa berupa penelitian pengembangan, penelitian kualitatif atau penelitian kuantitatif.

Isi proposal penelitian biasanya hipotesis, teori, pembuktian dan kesimpulan hasil penelitian.

Contoh proposal penelitian antara lain:

– Proposal penelitian untuk skripsi

– Proposal penelitian untuk tesis

– Proposal penelitian riset pengembangan.

2. Proposal Kegiatan

Selain proposal penelitian ada pula proposal kegiatan.

Proposal ini dibuat sebelum kegiatan berlangsung yakni untuk mendapat dukungan dan bantuan untuk menjalankan acara atau kegiatan tersebut.

Proposal kegiatan adalah salah satu jenis proposal yang umum dibuat, baik secara individu maupun kelompok.

Tujuan proposal ini diajukan untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan. Adanya proposal kegiatan ini akan membantu dalam penyusunan rencana program kegiatan yang akan diadakan.

Contoh proposal kegiatan :

– Proposal pertunjukan seni budaya

– Proposal penyelenggaran lomba desa

– Proposal perayaan ulang tahun sekolah

3. Proposal Bisnis/Usaha

Proposal bisnis atau usaha adalah salah satu jenis proposal yang berkaitan dengan dunia bisnis dan rencana kerja, baik secara individu atau kelompok.

Jenis proposal ini dibuat untuk memberi gambaran usaha yang akan dikerjakan pada investor atau pihak yang diajak bekerjasama.

Proposal Usaha bisa di artikan sebagai pengajuan yang berupa tulisan yang berisi perencanaan dan pemaparan usaha, mulai dari dana, keperluan perlengkapan, rencana penjualan hingga rencana keuntungan yang mungkin bisa di dapat dari usaha tersebut.

Proposal usaha tidak dapat disusun sembarangan, karena proposal usaha merupakan gambaran yang jelas mengenai usaha yang akan diajukan. Dengan kata lain, proposal usaha menentukan masa depan usaha. Untuk itu, ada hal yang harus disiapkan oleh wirausahawan sebelum mengajukan proposal, sebagai berikut.

Wirausahawan sebagai penggagas dan pendiri perusahaan, harus memiliki pengetahuan teknologi, daya kreativitas, inisiatif, kemampuan, dan prestatif.

Wirausahawan harus memiliki kemampuan dalam biddang pemasaran barang dan jasa.

Wirausahawan juga harus memiliki kemampuan untuk membuat proyeksi finansial (keuangan).

Berikut adalah beberapa contoh proposal bisnis :

– Proposal pendirian tempat usaha

– Proposal kerjasama antar perusahaan

– Proposal peminjaman dana usaha

4. Proposal Skripsi

Ketika di penghujung masa studi, maka Anda akan diharuskan membuat penelitian dan skripsi. Sebelum melakukan penelitian Anda juga akan diminta membuat proposal penelitian. Isinya merupakan hipotesa, latar belakang.

Skripsi sendiri merupakan istilah yang digunakan di negara kita untuk mengilustrasikan sebuah karya tulis ilmiah yang berupa paparan tulisan hasil penelitian yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Sebelum proses penyusunan skripsi dimulai, biasanya dilakukan terlebih dahulu proses pembuatan proposal skripsi, hal ini bertujuan untuk mengajukan penelitian yang akan dilakukan.

Proposal skripsi atau contoh skripsi sendiri dimaksudkan sebagai laporan usulan penelitian tugas akhir mahasiswa atau skripsi.

Biasanya sistematika penulisan proposal skripsi akan berbeda di setiap kampus, hal ini dilakukan agar setiap kampus memiliki ciri khas tersendiri dan juga untuk mencegah plagiarism.

1. Proposal skripsi singkat (brief)

Proposal skripsi jenis ini merupakan bentuk proposal yang hanya memiliki satu bab yang telah mencakup tiga bab skripsi.

Bentuk model proposal skripsi ini memiliki kelemahan, yakni lamanya waktu penulisan skripsi, karena setelah mahasiswa mengajukan proposal penelitian, maka mahasiswa harus mengerjakan bab-bab lainnya pada skripsi secara terpisah.

2. Proposal skripsi penuh

Proposal skripsi penuh merupakan bentuk proposal skripsi dengan susunan dalam bentuk bab, dengan sistematika penulisan dimulai dari bab 1, bab 2, bab 3 hingga daftar pustaka. Namun tergantung kebijakan kampus pula, ada kampus yang menerapkan sistematika penulisan proposal skripsi hingga bab 4.

Berbeda dengan sebelumnya, proposal skripsi penuh ini lebih menguntungkan dikarenakan penyusunan skripsi cukup singkat, dan karena bab yang ada pada proposal skripsi tersebut nantinya dijadikan sebagai bab skripsi itu sendiri.

Susunan proposal skripsi adalah cover, lembar judul, lembaran pengesahan, kata pengantar, daftar isi, bab I pendahuluan, daftar pustaka, dan lampiran.

Demikian ulasan mengenai pengertian proposal penelitian, proposal usaha, proposal kegiatan serta proposal skripsi. Semoga menambah wawasan Anda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *