Kepala ORI Banten Sampaikan Pentingnya Kualitas Pelayanan Publik dalam Mewujudkan WBK dan WBBM

Pelayananpublik.id – Jajaran instansi pemerintah yang ada di wilayah Provinsi Banten melakukan penandatanganan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 dan Komitmen Bersama Pemcanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kegiatan tersebut dihadiri Kakanwil Kumham Banten, Imam Suyudi. Ketua Pengadilan Tinggi Banten, Haryanto. Kepala Perwakilan Ombudsman RI (ORI) Banten, Dedy Irsan.
Lalu Aspidum Kejati Banten, Yudi Hendarto. Polda Banten, BNN Banten, dan beberapa Rektor Perguruan Tinggi yang ada di Banten.

Dalam sambutannya, Kepala ORI Banten, Dedy mengatakan, harus ada komitmen bersama yang kuat antara pimpinan instansi dengan para staf atau pegawai sehingga predikat WBK dan WBBM bisa diperoleh.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

“Tidak bisa hanya satu unsur saja, harus sinergis antara keduanya,” ujar Dedy di acara tersebut, Kantor Kanwil Kumham Banten, Rabu (8/1/2020).

Menurutnya, dalam mewujudkan zona WBK dan WBBM itu penyelenggaran negara harus mengacu dan berpedoman kepada Permenpan RB RI Nomor 10 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permenpan RB RI Nomor 52 Tahun 2014.

Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di Lingkungan Instansi Pemerintah memperhatikan 6 komponen pengungkit.
Manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen sdm, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Disamping hal tersebut, poin penting dari Ombudsman adalah mematuhi Standar Pelayanan Publik sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dengan memperhatikan Pengelolaan Pengaduan masyarakat atau pengguna layanan.

“Instansi pemerintah juga yang harus memperhatikan sarana pengukuran kepuasan pengguna layanan, karena dengan adanya hal tersebut bisa menjadi bahan evaluasi bagi instansi penyelenggara pelayanan publik untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik nya,” pungkas Dedy.

Setelah beberapa kata sambutan dari pimpinan instansi pemerintah, Dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 dan Komitmen Bersama Pemcanangan Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM oleh para Kepala Divisi Kanwil.
Kemenkumham Banten serta Para Kepala UPT Imigrasi dan Pemasyarakatan di Lingkungan Kanwil Kumham Banten di saksikan oleh Para tamu undangan yang hadir.