Pengertian Co-working, Co-working Space Bedanya dengan Kantor Biasa dan Keuntungannya

Pelayananpublik.id– Seiring berkembangnya teknologi komunikasi yang semakin lama semakin canggih, berbagai pekerjaan pun semakin mudah dilakukan.

Konsep bekerja pun semakin beragam. Kini kantor bisa berada di mana saja, rekan kerja bisa siapa saja tanpa ada aturan kaku seperti di kantoran.

Berbicara tentang konsep bekerja, kali ini kita akan membahas tentang sistem coworking dan coworking space.

Coworking merupakan sistem dimana orang yang bekerja berasal dari organisasi bahkan perusahaan yang berbeda. Disini orang-orang yang bekerja berasal dari berbagai latar belakang. Jadi bukan seperti kantor biasa yang terdiri dari orang dengan latar belakang yang sama.

Coworking lebih kepada sharing menghasilkan karya secara bekerja sama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda.

Konsep coworking sendiri sebenarnya sudah sangat lama ada, hanya saja istilah ini dipopulerkan oleh Brad Neuberg pada tahun 2005.

Dengan coworking, para coworkers akan memiliki lebih banyak kenalan bisnis yang bisa dijadikan rekan bisnis, klien, ataupun teman diskusi.

Dengan adanya kenalan dan kemungkinan berkolaborasi, bisnis bisa berkembang dengan jauh lebih pesat karena banyaknya kesempatan dan juga inspirasi yang didapatkan dari lingkungan yang berbeda-beda.

Apa Itu Coworking Space?

Coworking space merupakan ruang kerja baru yang isinya orang dengan berbagai latar belakang.

Industri co-working space di Asia Tenggara tumbuh sekitar lima belas persen pada 2017 lalu. Peluang di Indonesia sendiri menurut penggiat industri masih besar, baik di kota-kota besar ataupun di daerah sekitarnya.

Co-working space mengedepankan konsep sharing atau berbagi. Dalam satu ruangan terdapat berbagai individu, komunitas, maupun perusahaan, khususnya start-up.

Coworking Space ditawarkan sebagai solusi bagi siapa saja yang ingin bekerja dengan manfaat lebih besar dan biaya yang lebih kecil.

Coworking sering digunakan oleh bisnis UMKM dan juga pekerja profesional seperti freelance. Selain itu, bisnis konvensional pun bisa saja memanfaatkan komunitas dari coworking space untuk keperluan diskusi dan juga kerjasama bisnis

Biasanya terdapat satu ruangan terbuka untuk digunakan bersama dan ruangan-ruangan kecil yang dapat disewa per individu atau per komunitas atau perusahaan.

Jadi biasanya ruangan ini berbeda dengan ruangan kantor. Coworking space bisa didesain sedemikian rupa dan jadi lebih menarik. Bahkan kadang bentuknya seperti cafe, jadi kesannya jauh lebih santai daripada kantor biasa.

Mark Corbett, Co-founder dari Pace Ventures pada theguardian.com memberikan Mengatakan bahwa co-working space muncul sebagai alternatif dari ruang di gedung perkantoran yang relatif mahal. Kebutuhan atas ruang kerja muncul karena banyak bisnis start-up dan semakin diminatinya freelance job.

Coworking Space juga mengurangi masalah biaya operasional gedung yang terus meningkat.

Karena kantor sudah disediakan oleh penyedia coworking space, pengusaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa gedung, membeli furniture seperti kursi dan meja, membayar internet pengelolaan kantor (maintenance), ataupun mempekerjakan resepsionis atau keamanan. Pengguna bisa langsung bekerja dan fokus melakukan bisnis.

Beda Co-working Space dengan Kantor Biasa

1. Pengguna

Pengguna coworking space berasal dari berbagai organisasi dan perusahaan.

Pekerja freelance maupun anggota komunitas yang menggunakan coworking space tidak hanya bisa bekerja sendiri, tetapi juga bisa berinteraksi atau bertukar ide bersama pengguna lain yang berasal dari bidang pekerjaan lain.

2. Waktu Kerja

Fleksibilitas waktu bekerja adalah konsep awal yang dimiliki oleh coworking space. Anda bisa menggunakan layanan serta fasilitas coworking space kapan pun sesuai keinginan.

Beberapa coworking space bahkan ada yang membuka layanannya setiap hari selama 24 jam, sehingga dapat digunakan untuk mengakomodasi mereka yang memiliki waktu produktif bekerja di malam hari.

Berbeda dengan kantor biasa yang buka hanya pada jam kerja dan hari kerja.

3. Fasilitas

Coworking space menawarkan fasilitas perkantoran standar yang digunakan secara bersamaan. Selain meja dan kursi untuk bekerja independen maupun berdiskusi, ruang kerja bersama ini juga menyediakan alat perkantoran lain, termasuk mesin faksimile, pencetak, atau mesin fotokopi.

Coworking space yang ditujukan bagi perusahaan bahkan menyediakan ruang pertemuan serta layanan resepsionis yang meliputi penerimaan telepon maupun surat-menyurat.

Sementara itu, kantor tetap memiliki layanan dan fasilitas yang lebih luas. Selain ruang kerja bagi para pegawainya, kantor juga menyediakan area lobi, resepsionis, serta ruang-ruang khusus lain yang tersedia sesuai kebutuhan operasional kantor.

4. Biaya Operasional

Biaya operasional dalam hal ini berlaku bagi perusahaan yang baru terbentuk maupun sedang dirintis. Bagi perusahaan-perusahaan tersebut, coworking space dapat digunakan dengan biaya operasional yang lebih rendah. Hal ini berbeda dengan kantor tetap yang harus disewa atau dibeli dengan harga tinggi.

Perusahaan yang ingin menggunakan layanan yang ditawarkan oleh coworking space hanya cukup membayar sewa atau biaya keanggotaan sesuai waktu yang diinginkan dengan prosedur yang lebih mudah. Biaya operasional yang dikeluarkan pun akan lebih terjangkau dibandingkan menyewa kantor tetap.

Keuntungan Bekerja di Co-working Space

1. Konsep ruang kerja berdesain kekinian

Buang pikiran Anda tentang konsep kantor yang membosankan. Bekerja di coworking space akan membuat Anda lebih segar karena konsep kantor coworking space biasanya dibuat senyaman mungkin, sehingga membuat pengunjung kian betah menghabiskan waktunya untuk bekerja atau berdiskusi dengan rekan sejawat.

2. Fasilitas penunjang pekerjaan yang lengkap

Dari ruang kerja kondusif hingga jaringan internet nirkabel berkecepatan tinggi, coworking space memiliki sederet fasilitas yang dapat menunjang kelancaran pekerjaan Anda.

3. Suasana bekerja yang nyaman dan kondusif

Berbagai fasilitas yang tersedia di coworking space bisa membuat Anda bekerja dengan lebih nyaman dan kondusif. Kursi dan meja kerja yang ergonomis, ruangan berpendingin, serta sejumlah fasilitas tambahan lainnya menjadi salah satu faktor kenyamanan bekerja yang bisa Anda rasakan saat menggunakan coworking space.

4. Menjadi tempat mencari inspirasi dan mengembangkan ide

Berbagai survei mengenai penggunaan coworking space di sejumlah negara bagian di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa ruang kerja bersama ini bisa menjadi sarana pengembangan ide dan inspirasi bagi pekerja yang menggeluti bidang industri kreatif.

5. Waktu bekerja yang fleksibel

Tidak seperti perkantoran konvensional yang jam kerjanya telah ditentukan, coworking space menawarkan waktu bekerja yang lebih fleksibel karena menyasar pekerja freelance sebagai target utamanya. Hanya dengan membayar sewa sesuai tarif yang ditawarkan, Anda dapat menggunakan fasilitas coworking space kapan saja, tergantung pada waktu yang diinginkan.

Demikian ulasan mengenai coworking, coworking space, bedanya dengan kantor biasa serta keuntungannya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.