Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN Unggulan se-Indonesia Segera Dibuka, Ini Jadwalnya!

Pelayananpublik.id- Pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) unggulan segera dibuka dalam waktu dekat ini.

Adapun MAN unggulan yang dimaksud adalah MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, A Umar mengatakan pendaftaran SNPDB MAN unggulan tersebut akan dibuka pada mulai 13 Januari sampai dengan 4 Februari 2020.

Sementara untuk seleksi berkas SNPDB 2020 akan dilakukan dari 20 Januari hingga 8 Februari 2020.

Kemudian pengumuman kelulusan jalur prestasi pada 10 Februari 2020.

Sedangkan pengumuman hasil seleksi berkas yang bisa mengikuti jalur tes tertulis, pada 15 Februari 2020.

Tes tertulis berbasis CBT akan digelar 22-23 Februari 2010.

Pengumuman kelulusan jalur tes pada 7 Maret 2020.

Jadi Rebutan

Di setiap tahunnya, lanjut Umar, madrasah unggulan tersebut selalu menjadi rebutan calon peserta didik. Sebab itu, seleksi madrasah ini sengaja dibuka secara online agar aksesnya semakin luas dan merata.

“Pendaftaran secara online ini bertujuan agar jangkauannya bisa luas, bisa diakses oleh siapa saja. Pendaftaran seleksi ini mengikuti prinsip transparansi, akuntabel dan objektif,” kata Umar.

Dalam prosesnya, SNPDB MAN IC, MAN PK, dan MAKN bisa dilakukan melalui jalur tes dan jalur prestasi.

Jalur tes diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lukusan MTs/SMP yang memenuhi persyaratan. Tes tertulis dilakukan berbasis Computer Base Test (CBT).

Adapun jalur prestasi, dilakukan melalui non tes bagi peserta yang memiliki prestasi di tingkat nasional, namun maksimal 10 persen dari kuota yang tersedia.

Seperti yang diketahui MAN unggulan Kemenag seperti MAN IC, MAN PK dan MAKN merupakan model madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia.

“MAN IC bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di bidang keimanan dan ketakwaan serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. MAN PK adalah madrasah yang memiliki peminatan keagamaan. Sedangkan MAKN fokus pada penyelenggaraan pendidikan kejuruan dengan kekhasan pendidikan agama Islam,” tutur Umar dalam keterangannya, Sabtu (4/1/2020).

Umar menyebut, MAN IC memiliki 23 madrasah dan MAN PK sekitar 10 madrasah. Keduanya tersebar di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua.

Sementara MAKN baru dibuka sejak 2019 di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, dengan jurusan agrobisnis dan pengolahan hasil laut. Kemudian di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan jurusan teknologi informasi dan rekayasa perangkat lunak. (*)

Sumber: Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published.