Pengertian Struktur Organisasi, Cara Menyusun dan Contohnya

Pelayananpublik.id- Bagi sebagian orang berorganisasi merupakan hal yang umum. Begitu juga dengan segala yang terkait dengan organisasi tersebut seperti pengurus, AD/ART serta struktur organisasi.

Dalam sebuah organisasi, strukturnya juga diatur dalam AD/ART.

Struktur organisasi adalah sebuah susunan berbagai komponen atau unit kerja dalam sebuah organisasi yang terdapat pada masyrakat.

Struktur organisasi juga dibuat dalam perusahaan, sekolah, yayasan, koperasi dan lainnya.

Struktur organisasi juga berarti susunan dari berbagai macam komponen atau unit kerja dalam sebuah organisasi. Dalam struktur organisasi terdapat pembagian kerja dan bagaimana fungsi atau kegiatan-kegiatan berbeda yang telak dikoordinasikan dan juga terdapat adanyaberbagai spesialisasi dari sebuah pekerjaan, saluran perintah ataupun penyampaian laporan.

Dan ketika akan mengajukan izin organisasi, para pengurus harus melampirkan struktur organisasi berikut nama-nama pengurusnya.

Fungsi Struktur Organisasi

Adapun beberapa fungsi atau kegunaan struktur organisasi akan dijelaskan selengkapnya dibawah ini:

1. Kejelasan Tanggung Jawab

Setiap dari anggota organisasi harus mempunyai tanggung jawab dan juga apa saja yang harus dipertanggung jawabkan. Setiang anggota sebuah organisasi tentu saja harus mempunyai tanggung jawab terhadap atasan atau pimpinannya yang sudah memberikan kewenangan, sebab pelaksanaan atau implementasi kewenangan tersebut perlu di pertanggung jawabkan. Itulah kegunaan struktur organisasi tentang kejelasan tanggung jawab.

2. Kejelasan Kedudukan

Fungsi dari kejelasan kedudukanadalah setiap anggota atau seseorang yang terdapat dalam struktur organisasi sesungguhnya bisa mempermudah dalam melaksanakan koordinasi dan juga hubungan, karena adanya keterkaitan dalam penyelesaian mengenai suatu fungsi yang telah dipercayakan kepada seseorang atau anggota.

3. Kejelasan Jalur Hubungan

Fungsi mengenai kejelasan jalur hubungan adalah, dalam melakukan tanggung jawab dan pekerjaannya setiap pegawai dalam suatu organisasi maka akan diperlukan sebuah kejelasan hubungan yang tergambar dalam struktur sehingga dalam jalur penyelesaian pekerjaannya akan lebih efektif dan efisien serta dapat saling memberikan keuntungan.

4. Kejelasan Uraian Tugas

Fungsi dari kejelasan uraian tugas adalah, didalam struktur organisasi akan sangat membantu apabila pihak atasan atau pimpinan dapat melakukan controlling (pengawasan) maupun pengendalian dan juga bagi bawahan akan bisa lebih berkonsentrasi dalam melakukan tugas atau pekerjaannya, sebab perintah yang jelas.

Cara Membuat Struktur Organisasi

1. Tentukan Jabatan

Pertama Anda harus mengetahui jabatan mulai dari yang tertinggi hingga terendah dalam organisasi.

Susunan struktur organisasi biasanya sudah diatur di AD/ART masing-masing organisasi.

Biasanya urutan dalam struktur organisasi adalah:

– Pelindung

– Penanggungjawab

– Dewan Penasehat

– Ketua

– Bendahara

– Sekretaris

– Divisi-divisi

– Anggota

Sedangkan dalam perusahaan struktrur organisasi psrusahaan biasanya memiliki urutan seperti berikut ini:

– CEO (Chif Executive Officer)

CEO merupakan suatu jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan untuk menahkodai arah dan tujuan sebuah perusahaan. CEO merupakan pemilik suatu perusahaan atau bisnis.

– Direksi (Directors)

Untuk direksi yang dimaksud disini terdiri dari 4 jabatan penting, yang mana jabatan tersebut harus ada dalam suatu perusahaan seperti direktur utama, direktur keuangan dan direktur personalia.

– Manajer (Manager)

Komponen selanjutnya adalah manager yang mana seorang manager ini bertugas untuk mengintegrasikan berbagai variable, seperti pengarahan, koneksi, seleksi, komunikasi dan pelatihan.

– Administrasi dan Gudang

Dan komponen selanjutnya yang wajib ada dalam sebuah bisnis yang sedang berkembang adalah administrasi dan gudang yang mana pada komponen ini memiliki tugas dan fungsi untuk mengecek seluruh transaksi perusahaan yang berhubungan dengan pihak outsorcing, pembukuan dan laporan penerimaan dan pengeluaran.

– Devisi Regional

Ini juga merupakan komponen penting dalam stuktur organisasi. Divisi regional biasanya menangani produk di daerah.

Setelah mengetahui urutan jabatan berdasarkan AD/ART beserta nama pejabatnya, Anda tinggal membuat bagan atau diagram terkait susunan pengurus.

Bagan ini bisa dibuat oleh bermacam aplikasi. Yang paling umum adalah Microsoft Word yakni menggunakan autoshapes.

Demikian ulasan mengenai struktur organisasi. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *