Puluhan Tahun Tak Tersentuh Pembangunan, 4 Jalan di Tapteng akan Segera Diaspal Tahun 2020

Pelayananpublik.id – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) berencana akan mengaspal 4 jalan yang dikabarkan sudah puluhan tahun tidak tersentuh pembangunan.

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani mengatakan salah satu prioritas pembangunan adalah di sektor infrastruktur jalan dan jembatan.

Dia menjelaskan wilayah perdesaan dan kecamatan yang selama ini memiliki kondisi jalan yang sangat parah dan bahkan ada yang puluhan tahun tidak disentuh pembangunan akan segera diaspal hotmix pada awal Februari tahun 2020.

“Pengaspalan empat jalan tersebut melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020. Pengaspalan sepanjang 10,14 km jalan menghubungkan desa-desa ditingkatkan menjadi aspal hotmix,” terang Bakhtiar Sibarani di Barus, Jumat (20/12/2019).

Ada 4 ruas jalan yang ditingkatkan dengan aspal hotmix, pertama, Jalan Anggoli-Sibiobio di Kecamatan Sibabangun sepanjang 3.300 m x 3,5 m dengan pagu dana Rp6 miliar. Sebelumnya tahun 2019, telah kita aspal hotmix sepanjang 932 m x 3,5 m.

“Ruas jalan ini sudah puluhan tahun tidak tersentuh pembangunan,” kata dia.

Lalu pengaspalan Jalan Simpang Sekolah-Sampang Maruhur di Kecamatan Sirandorung sepanjang 1.800 m x 3,5 m, dengan pagu dana Rp5,40 miliar. Ruas jalan ini juga puluhan tahun tidak disentuh pembangunan.

Ketiga, peningkatan Jalan Simargarap-Baringin di Kecamatan Pasaribu Tobing sepanjang 1.440 m x 3,5 m dengan pagu dana Rp3.7 miliar. Jalan ini juga puluhan tahun tidak disentuh pembangunan.

Keempat, peningkatan Jalan Tumba Jae-Palombang di Kecamatan Manduamas dengan pagu dana Rp. 7,2 millar. Kondisi saat ini, semua ruas jalan itu rusak parah.

Ada awal tahun tahun 2020, Pemkab Tapteng akan mengaspal ruas jalan tersebut dengan panjang jalan sekitar 10,14 km dan total pagu dana Rp. 22.302.364.000.

“Semoga masyarakat saudara-saudara kita di perdesaan semakin cepat dan lancar akses transportasinya, termasuk mengangkut hasil buminya. Perekonomian juga semakin meningkat,” jelas Bakhtiar Sibarani.

Sedangkan total seluruh pembangunan infrastruktur jalan di Tapteng untuk tahun 2020 direncanakan akan dibangun sekitar 90,74 kilometer.

Total dana untuk pembangunan jalan dan jembatan Tahun 2020 di Kabupaten Tapanuli Tengah sebesar Rp185.140.697.400.

“Ini menunjukkan komitmen kita dalam mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Tapanuli Tengah. Kita komitmen membangun kampung halaman dan kita sayang dengan masyarakat Tapanuli Tengah,” pungkas  Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *