Catat! Ini Daerah yang Masih Dihantui Hujan Deras dan Banjir Hingga Maret 2020

Pelayananpublik.id- Sebagian besar daerah Indonesia sedang mengalami musim penghujan di akhir tahun 2019. Musim penghujan ini diprediksi juga masih akan terjadi di sebagian daerah Indonesia hingga Maret bahkan April 2020.

Hal itu dikatakan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dilansir dari Republika, Senin (16/12/2019).

Adapun beberapa daerah di Indonesia yang masih akan dihantui hujan deras hingga Maret 2020 antara lain Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan bagian Barat.

“Kemungkinan hujan bisa terus terjadi hingga April 2020,” katanya.

Sementara daerah lain, kata dia, seperti Jambi, Lampung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan lainnya kini masih mengalami musim pancaroba.

Kabid Diseminasi Iklim & Kualitas Udara BMKG Hary Djatmiko mengatakan awal musim hujan di sebagian provinsi di Jawa dimulai pada akhir November 2019 yakni di DKI Jakarta, Banten, hingga Jawa Tengah (Jateng).

Sementara itu, dia melanjutkan, awal musim hujan di wilayah Jawa Barat (Jabar), DIY Yogyakarta, Jawa Timur (Jatim), Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi, Papua, dan Kalimantan pada bulan awal hingga pertengahan Desember 2019.

Puncak musim hujan tahun 2019/2020 untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jateng Bali, NTB, NTT terjadi di bulan Februari 2020. Sedangkan untuk wilayah Jabar, Yogyakarta, Jatim, Sulawesi, Papua, dan Kalimantan pada Maret 2020.

“Wilayah yang harus lebih waspada banjir pada bulan puncak musim hujan yaitu pada Januari, Februari hingga Maret 2020, khususnya untuk wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua,” katanya.

Waspada Bencana dan Penyakit Saat Hujan

Untuk itu warga harus mewaspadai potensi bencana dan penyakit saat musim hujan. Bencana yang mungkin terjadi saat hujan adalah banjir, longsor, pohon tumbang dan lainnya.

Untuk bencana banjir, warga sebaiknya waspada dengan meletakkan barang penting di tempat yang tinggi dalam rumah. Apalagi warga yang tinggal di daerah langganan banjir, sebaiknya mempersiapkan diri.

Sementara penyakit yang mengintai saat musim penghujan adalah flu, diare, leptospirosis, penyakit kulit hingga tifus. (*)

Sumber: Republika Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.