Sambangi MAN IC Tapsel, Stamet Aek Godang Perkenalkan STMKG

Pelayananpublik.id- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aek Godang menyambangi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Tapsel, Sabtu (30/11/2019).

Kepala Stasiun Meteorologi Aek Godang, M Nur mengatakan kunjungan mereka kali ini untuk memberi edukasi mengenai cara menghadapi bencana dan cuaca ekstrem kepada siswa-siswi MAN IC Tapsel.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk memberi informasi kepada anak-anak murid MAN IC Tapsel tentang bagaimana menghadapi bencana dan cuaca ekstrem,” katanya ketika diwawancara di sela-sela acara.

Ia mencontohkan, ketika cuaca ekstrem melanda maka akan sering terjadi hujan petir. Maka tidak dianjurkan untuk berteduh di bawah pohon atau berdiri di ruang terbuka karena rawan tersambar petir. Sebaliknya, siswa segera masuk ke gedung atau ruangan jika terjadi badai petir.

Ia juga mengatakan dalam kegiatan “BMKG Goes To School” itu mereka ingin menyampaikan tupoksi BMKG dalam memberi informasi cuaca dan peringatan dini bencana. Informasi terupdate, kata dia, disiarkan melalui radio dan media sosial BMKG.

Sementara, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan MAN IC Tapsel, Muhammad Saleh Ritonga mengatakan pihaknya berterimakasih kepada Stamet Aek Godang karena telah berkunjung dan memberi informasi mengenai tugas BMKG.

Dalam sambutannya, ia juga berharap informasi-informasi terkait cara masuk ke sekolah kedinasan STMKG dapat terus disampaikan ke MAN IC Tapsel.

“Kami berharap kerjasama ini terus berjalan, demi anak-anak menggapai cita-cita untuk masa depan masing-masing. Kami berharap dengan kehadiran rekan rekan BMKG dapat memeberikan sumbangsi informasi kepada kita. Dan memberikan informasi bagaimana cara anak-anak bisa masuk ke sekolah kedinasan BMKG,” katanya.

STMKG

Selain tugas tentang tugas BMKG, Stamet Aek Godang juga memberi informasi tentang Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).

STMKG adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang mempersiapkan kader tenaga ahli guna mendukung tugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

“Kita membidik siswa-siswi berprestasi di MAN IC yang berminat di bidang Meteorologi Klimatologi dan Geofisika untuk masuk ke STMKG,” ujar Kepala Stasiun Meteorologi Aek Godang, M Nur.

Seperti sekolah kedinasan lain, STMKG juga membebaskan biaya kuliah hingga tamat. Selain itu, akan ada tunjangan ikatan dinas serta jaminan menjadi ASN golongan III ketika tamat nanti.

Syarat pendaftaran STMKG adalah sebagai berikut:

– WNI

– Tidak buta warna, berkacamata +-2

– Tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2018

– Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.

– Bebas narkoba.

– Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak atau Teknik Komputer dan Jaringan.

– Nilai Kognitif untuk Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris di Klas XI semester 2 dan Klas XII semester 1 masing-masing minimal 70 (bukan hasil pembulatan atau hasil rata-rata).

– Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.

– Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 156 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika seluruh Indonesia.

Adapun tahapan proses seleksi masuk STMKG mulai dari seleksi administrasi, tes TKD, tes TKB, Seleksi kesehatan hingga wawancara. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.