Peningkatan Layanan Listrik di Martabe Berikan Manfaat untuk Masyarakat

Pelayananpublik.id – PLN UP3 telah mengoperasikan Gardu Induk (GI) untuk menyuplai tambang emas Martabe. Peningkatan layanan itu juga membuat masyarakat yang ada di Kecamatan Batangtoru tidak lagi kesulitan listrik.

Tegangan listrik pada wilayah operasi PT Agincourt Resources di Kecamatan Batangtoru, KabupatenTapanuli Selatan dan sekitarnya sudah stabil setelah dioperasikannya Penyulang MT-01 Gardu Induk Martabe, Selasa (19/11/2019).

“Dengan stabilnya tegangan listrik di wilayah Batangtoru dan sekitarnya tentu frekuensi pemadaman bisa dikurangi,” kata Manager Bagian Perencanaan PLN UP3 Padangsidimpuan, Riston Sihaloho pada Jumat (22/11/2019).

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Sebelum gardu induk yang berlokasi di perkebunan PTPN III itu dibangun, kawasan Batangtoru rentan terjadi padam listrik. Jika Padangsidimpuan terjadi pemadaman, maka wilayah Batangtoru ikut terkena dampak.

Namun saat ini kondisi tersebut tidak akan terjadi lagi. Tersambungnya fasilitas GI Martabe  yang berkapasitas Trafo 10 MVA ini akan mampu memperkuat keandalan pasokan listrik di wilayah operasi Tambang Emas Martabe serta masyarakat yang bermukim di kawasan Batangtoru dan sekitarnya.

Menurut Riston, pembangunan dan pengoperasian gardu induk ini adalah berkat kerja sama antara PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara dengan PT Agincourt Resources (PTAR) selaku pengelola Tambang Emas Martabe.

General Manager Operational PTAR, Darryn McClelland dalam keterangan resminya menyatakan, pengoperasian gardu induk ini merupakan bentuk komitmen perusahaan membantu masyarakat Batangtoru dan sekitarnya mendapatkan pasokan listrik yang handal.

Mewakili masyarakatm, Camat Batangtoru, M Yamin Batubara, mengakui sebelum gardu induk itu beroperasi, masyarakat daerahnya kerap mengalami padam listrik.

“Namun setelah gardu induk ini beroperasi, warga bisa menikmati listrik PLN lebih maksimal tanpa sering mengalami pemadaman,” tutup Yamin. (IWO Medan)