Biaya SKD Rp50 Ribu di Puskesmas Onan Hasang Memberatkan Masyarakat Kecil

Pelayananpublik.id – warga prasejahtera keberatan dengan beban biaya untuk mengurus Surat Keterangan Dokter (SKD) di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Onan Hasang, Kecamatan Pahae Julu, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut).

Seorang warga Desa Onan Hasang mengatakan, pengutipan mengurus SKD itu sudah lama berlangsung sejak kepala Puskesmas lama. Biaya pengurusan tersebut berkisar antara Rp30 ribu sampai Rp50 ribu.

“Aku sudah beberapa kali mengurus SKD itu pak. Dulu kami pernah 30 orang sekali mengurus semua pakai biaya, Rp30.000 per kepala,” jelas warga yang ingin namanya dirahasikan di Onan Hasang pada Kamis (21/11/2019).

Beberapa warga lainnya mengurus SKD tersebut untuk mencari nafkah dengan bekerja sebagai buruh harian bersama kontraktor di Sarulla Operation Ltd (SOL).

“Syarat kerja di komplek SOL harus memiliki SKD, walaupun buruh harian lepas, namun harus membayar biaya pengurusan SKD sebesar Rp50 ribu. Biaya itu sangat memberatkan kami masyarakat kecil pak,” kata warga lainnya saat menemui wartawan.

Menyikapi hal itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Anti Korupsi (Gertak) Sumut, Hendra Hutagalung meminta inspektorat untuk memeriksa penerapan biaya pengurusan SKD tersebut.

“Kita, tidak mau hal seperti ini dibiarkan, apalagi Puskesmas ujung tombak pemerintah menangani kesehatan, Inspektorat segera panggil dr Triana dan Periksa,” ucap Hendra.

Dia menambahkan, kebijakan yang diterapkan untuk melayani masyarakat harusnya diperbaiki untuk menuju Indonesia maju.

“Bertindak cepat dan tepat, integritas tinggi serta transparan dan akuntabilitas itu sangat tepat untuk membangun kepercayaan publik di Taput, bukan malah menyusahkan masyarakat,” tutur Hendra.

Sementara Kepala Puskesmas Onan Hasang dr Triana saat dihubungi mengatakan bahwa pengutipan biaya SKD tersebut sudah sesuai dengan peraturan Bupati (Perbup).

“Saya tidak bisa menjelaskan melalui telepon, silahkan datang ke kantor, saya akan tunjukkan Perbupnya,” terang Triana. (TS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *