Daftar Lengkap Rute Angkot di Kota Padang

Pelayananpublik.id- Sama seperti kota lainnya, Kota Padang juga memiliki angkutan kota (angkot) sebagai transportasi umum.

Padang juga termasuk kota yang sudah dimasuki ojek dan taksi online, namun angkot tetap menjadi primadona masyarakat untuk bepergian.

Alasannya tentu saja berada di tarif ongkos yang jauh lebih murah. Bahkan kalau harus menyambung sampai dua kali pun, ongkos angkot tetap lebih murah dari taksi online.

Namun jangan terburu-buru menaiki angkot ya, lihat dulu tujuannya kemana. Karena di Padang juga banyak angkot bermacam warna dan lain rutenya.

Namun tidak sesulit di Medan, Anda hanya perlu membedakan angkot dari warnanya saja. Misalnya angkot warna hijau tujuannya ke Kampus Universitas Andalas. Tidak semua angkot hijau langsung menuju Kampus Unand, tapi melewati Ampang. Namun tenang saja, mereka tetap akan ke Kampus Unand.

Beda dengan di Medan, di Padang angkot dibedakan hanya dari warnanya dan tidak pakai nomor. Beda warna, berarti berbeda jalur atau trayeknya, cukup mudah kan?

Berikut ini daftar lengkap rute angkot di Padang.

1. Rute Angkot Biru

– Pasar Raya Kota Padang ke Aur Duri.
– Pasar Raya Kota Padang ke Lubuk Begalung (Lubeg) ataupun Pegambiran.
– Jati ke Pasar Raya Kota Padang. (warna biru muda)

2.Rute Angkot Hijau

– Pasar Raya Kota Padang-kampus Universitas Andalas (Unand)
– Balai Baru – Ampang Kampus Unand.

3.Rute Angkot Ungu

-Jati-Ampang-Pasar Raya Kota Padang.

4. Rute Angkot Merah

– Pasar Raya Kota Padang – Belimbing.
– Pisang – Pasar Raya Kota Padang.

5. Rute Angkot Merah

– Lubuk Buaya – Pasar Raya Kota Padang.
– Biasanya angkot tersebut memiliki rute terakhir di batas kota ataupun simpang bandara.

6. Rute Angkot Putih

– Tabing – Pasar Raya Kota Padang. Biasanya rute terakhir angkot putih ini sampai ke Singgalang.
– Labor Basko – Pasar Raya Kota Padang.

Sebagai informasi, angkot-angkot di Padang ini terbilang cukup unik. Pemilik angkot tak segan-segan memodifikasi kendaraannya hingga menjadi sangat modern. Bagaimana tidak, ada angkot yang di dalamnya sudah terdapat televisi dan mini bar. Belum lagi interiornya yang di desain ala-ala “Pimp My Ride”.

Kalau kamu pernah melihat film ‘Fast and Furious’, kamu pasti tahu betul seperti apa mobil yang ada dalam film tersebut. Nah, begitu juga julukan yang melekat pada angkot di Padang. Tampilan luarnya sengaja dibuat keren dengan air brush campuran warna yang menarik mata ditambah stiker dengan tulisan-tulisan unik.

Untuk menonjolkan kesan yang lebih sporty, tampilan angkot modis ini dibuat ceper lengkap dengan velg warna-warni. Plus, bagian belakang dan samping akan diberi sayap, sehingga jika dilihat tak kalah dengan mobil sport yang tampil dalam film-film Hollywood.

Jangan heran kalau melihat angkot penuh stiker di Padang. Disana, supir memang gemar mendandani angkot sesuai selera mereka.
Di padang, Anda bisa menemukan angkot penuh dengan stiker hingga ke kaca jendelanya. Ini juga pernah ditertibkan polisi untuk mencegah tindakan kriminal dalam angkot.

Bukan cuma stiker, mereka juga membuat desain seperti diskotik berjalan. Kalau naik angkot di Padang siap-siap deh mendengar musik ajep-ajep sepanjang jalan plus kelap-kelip lampu disko di dalamnya.

Tips Bepergian dengan Angkot di Padang

1. Sediakan uang pas. Saat memberi ongkos, usahakan pakai uang pas. Sehingga supir tidak repot memberi kembalian. Penyebabnya adalah kadang mereka tidak punya uang kecil untuk kembalian, apalagi uang Anda Rp50 ribu atau Rp100 ribu.

2. Padang merupakan kota yang bersih dan tertib. Jadi usahakan jangan merokok dan buang sampah sembarangan saat naik angkot.

3. Meski mudah dibedakan dengan warna, angkot-angkot di Padang kadang lewat jalur lain. Jadi sebelum naik, pastikan dulu rute angkot ini kemana. Anda bisa melihat tulisan di kaca depan, atau tanya langsung kepada supirnya.

4. Jika Anda membawa banyak barang, jangan sampai menutupi pintu sehingga penumpang lain enggan masuk karena mereka mengira angkot sudah penuh. Itu bisa membuat suoir rugi dan marah.

5. Ingatlah jangan memakai perhiasan yang terlalu mencolok dan berlebihan saat naik angkot.

Demikian ulasan mengenai daftar rute lengkap angkot di Padang. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *