Lowongan CPNS di BKKBN Dibuka, Ini Formasi yang Paling Dibutuhkan

Pelayananpublik.id- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membuka formasi penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun 2019.

Rekrutmen ini bisa didaftar oleh pelamar dari seluruh pelosok Indonesia.

Dilansir dari laman resminya, BKKBN untuk tahun 2019 membuka 282 formasi untuk penempatan di Kantor BKKBN Pusat dan 25 Perwakilan BKKBN Provinsi seluruh Indonesia. Pendaftaran mulai dibuka pada 11-25 November 2019.

hari jadi pelayanan publik

Formasi lowongan CPNS yang dibuka tersebut adalah:

– Penyuluh Keluarga Berencana (KB)

– Widyaiswara

– Analis Kepegawaian

– Arsiparis

– Pustakawan

– Auditor

– Auditor Kepegawaian

– Pranata Komputer

– Statistisi

– Pranata Humas

– Assesor SDM Aparatur.

Dari deretan formasi yang dibuka instansi ini, yang paling banyak dibutuhkan adalah penyuluh KB yakni mencapai 166 orang.

Adapun rinciannya, 95 orang Penyuluh KB Ahli dan 71 Penyuluh KB Terampil. Penempatan Penyuluh KB akan tersebar di 15 provinsi seluruh Indonesia.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk Penyuluh KB Ahli Pertama adalah D-IV Hubungan Masyarakat, D-IV Kesejahteraan Sosial, S1 Komunikasi Penyiaran Islam, Kependudukan, Ilmu Keluarga, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Luar Sekolah, Hubungan Masyarakat.

Untuk Penyuluh KB Terampil dengan persyaratan D-III KomunikasI, Hubungan Masyarakat, dan Kesehatan Masyarakat. Semua formasi lowongan CPNS dibuka sebagian besar melalui jalur umum (246 formasi).

Seperti instansi lainnya, selain untuk umum,BKKBN juga membuka formasi untuk penyandang disabilitas, cumlaude dan juga putra daerah Papua.

Khusus bagi penyandang disabilitas, BKKBN menyediakan 6 formasi, 28 orang yang memiliki capaian cumlaude dan 2 orang putra dan putri Papua/Papua Barat.

Syarat calon formasi khusus putra/putri lulusan terbaik dengan predikat pujian/cumlaude, yaitu lulusan minimal jenjang S1 dengan predikat pujian berasal dari Perguruan tinggi dalam negeri terakreditasi A/unggul dan program studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan. Hal tersebut dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis di ijazah.

Pada penerimaan CPNS tahun 2019, BKKBN menerima pelamar dari kategori P1/TL yakni peserta seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 dan memenuhi nilai ambang batas/passing grade berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 37 tahun 2018 tentang nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar CPNS tahun 2018.

Ini masuk dalam 3 (tiga) formasi jabatan yang dilamar untuk bisa mengikuti SKB tahun 2018, tapi dinyatakan tidak lulus sampai dengan tahap akhir.

Cara Mendaftar

Untuk detail persyaratan masing-masing formasi Anda dapat melihatnya di http://www.bkkbn.go.id.

Dan bagi Anda yang tertarik melamar pekerjaan ini, silakan lakukan pendaftaran melalui portal https://sscasn.bkn.go.id mulai 11 -25 November 2019.

Seleksi akan dilakukan dalam tiga tahap, dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), psikotes, serta wawancara.

BKKBN membuka layanan informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS BKKBN melalui Call Center: (021)800 9029-45-53-69-77-85 ext 222/223 Handphone 081296942907/ 081288480857 pada hari kerja mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB dan helpdesk melalui twitter @BKKBNofficial.

Tips

– Pastikan pelamar memenuhi syarat administrasi yang telah diminta oleh perusahaan atau instansi.

– Pastikan data diri dan administrasi lainnya sudah benar.
– Perhatikan masa waktu pendaftaran sebelum anda mengirim lamaran.

– Jangan lupa menulis kode formasi pekerjaan jika diminta oleh pihak perusahaan atau instansi.

– Pastikan alamat kantor atau alamat email tujuan rekrutmen atau lowongan pekerjaan benar.

– Jangan meng-spam atau mengirim email lamaran berulang kali ke tujuan rekrutmen atau lowongan pekerjaan.

– Ikuti proses pendaftaran sesuai dengan instruksi dari perusahaan atau instansi yang membuka rekrutmen.

Perhatian :

– Pelayananpublik.id mempublikasi rekrutmen atau lowongan pekerjaan untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi pekerjaan.

– Pelayananpublik.id mempublikasi informasi rekrutmen atau lowongan pekerjaan dari sumber yang terpercaya.

– Pelayananpublik.id hanya mempublikasi informasi rekrutmen atau lowongan pekerjaan yang layak kepada masyarakat sesuai peraturan yang berlaku.

– Pelayananpublik.id tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap rekrutmen atau lowongan pekerjaan di situs ini. Apabila ada pihak yang mengatasnamakan pelayananpublik.id untuk meminta biaya pendaftaraan atau biaya lainnya, bisa dipastikan bahwa hal tersebut TIDAK BENAR atau bisa jadi PENIPUAN. (Nur Fatimah)