Makna Kata Orientasi dan Istilah Terkaitnya

Pelayananpublik.id- Orientasi merupakan kata umum yang sering digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Orientasi juga sering dikaitkan dengan istilah lain misalnya orientasi seksual, orientasi bisnis dan lainnya.

Lalu apa sebenarnya makna dari kata orientasi itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, orientasi/ori·en·ta·si/ /oriéntasi/ berarti peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dan sebagainya) yang tepat dan benar;

Arti lainnya dari orientasi adalah pandangan yang mendasari pikiran, perhatian atau kecenderungan;

Orientasi memiliki 2 arti. Orientasi adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Orientasi memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga orientasi dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Orientasi Bisnis

Makna kata orientasi dalam klausa orientasi bisnis adalah arah bisnis yang dikhususkan dalam satu kegiatan. Misalnya: Kegiatan donor darah itu memiliki orientasi bisnis, artinya dalam kegiatan donor darah yang dimaksud ada bermaksud mengmbil keuntungan bisnis.

Orientasi Peta

Istilah orientasi peta sering ditemukan dalam ilmu navigasi. Dalam ilmu tersebut kegiatan menyamakan arah peta dan kompas disebut orientasi.

Orientasi Seksual

Orientasi seksual adalah ketertarikan secara emosional dan seksual kepada jenis kelamin tertentu. Orientasi seksual secara garis besar dapat dibedakan menjadi:

– Heteroseksual, yaitu orang yang tertarik secara emosi dan seksual terhadap lawan jenisnya.
– Homoseksual, yaitu orang yang tertarik secara emosi dan seksual terhadap sesama jenisnya. Gay adalah istilah untuk homoseksual laki-laki, dan lesbian adalah istilah untuk homoseksual perempuan. Pada perkembangannya, ada banyak istilah yang digunakan pada waktu dan budaya yang berbeda.
– Biseksual, yaitu orang yang tertarik secara emosi dan seksual terhadap lawan dan sesama jenisnya

Masa Orientasi

Masa orientasi artinya masa-masa peralihan. Misalnya dari anak-anak ke remaja, ada namanya masa orientasi. Kemudian kita tentu sering mendengar Masa Orientasi Siswa (MOS) itu juga merupakan masa peralihan siswa dari satu tingkat ke tingkat lain.

Disorientasi

Selain istilah di atas ada pula yang disebut disorientasi. Nah kata ini sering dipakai secara harfiah maupun hanya ungkapan belaka.

Dalam ungkapan disorientasi bisa berarti orang yang tidak tahu tempat dan waktu dalam bersikap. Misalnya seseorang yang bercanda-tawa saat saudaranya meninggal.

Dalam arti harfiah, disorientasi adalah sebuah kondisi mental yang berubah di mana seseorang yang mengalami ini tidak mengetahui waktu atau tempat mereka berada saat itu, bahkan tidak mengenali identitas dirinya sendiri.

Ini bisa terjadi sesaat atau sementara namun bisa juga selamanya.

Ada dua penyebab umum disorientasi adalah demensia dan delirium. Dalam kebanyakan kasus, penderita demensia lebih memungkinkan mengalami delirium juga.

Demensia berkembang lebih lambat daripada delirium dan biasanya bersifat permanen, serta menyebabkan gejala yang konsisten. Disorientasi dan kehilangan ingatan jangka pendek bisa menjadi beberapa tanda awal demensia.

Demensia adalah suatu kondisi yang mempengaruhi pemikiran, perilaku dan kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Sementara, delirium terjadi karena adanya gangguan secara mendadak pada kondisi pikiran seseorang yang disebabkan oleh infeksi atau obat-obatan.

Demikian ulasan mengenai makna orientasi dan istilah-istilah terkaitnya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *