Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup yang Menarik Agar Diterima Kerja Serta Contohnya

Pelayananpublik.id- Saat ini persaingan kerja sangat ketat, sehingga tidak mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Padahal, sebenarnya Anda cukup qualified untuk pekerjaan itu namun kenapa lamaran tak juga direspon.

Ada beberapa faktor lamaran Anda ditolak, salahsatunya daftar riwayat hidup atau sering disebut Curriculum Vitae Anda tidak memadai.

Mungkin Anda mendapatkannya dari internet, atau mencontek punya teman Anda. Parahnya fotmat CV pun digunakan bersama-sama dalam melamar pekerjaan yang sama. Ini akan menjadi pertimbangan perusahaan karena Anda dianggap hanya pencontek belaka.

Dewasa ini, perusahaan menuntut pribadi yang kreatif dalam hal apapun. Jadi semakin menarik dan kreatif CV Anda, semakin cepat HRD meliriknya, setidaknya akan dibaca.

Tapi ingat, meskipun kreatif jangan sampai menimbulkan citra Anda lebay dan main-main dalam melamar kerja ya.

Untuk membuat contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar perlu beberapa hal yang harus diperhatikan. Meskipun dalam pembuatanya tidak sulit, namun bila melewatkan beberapa poin penting tersebut maka akan fatal akibatnya. Apa saja hal-hal tersebut yang juga menjadi hal penting yang harus ada dan dicantumkan dalam contoh daftar riwayat hidup? Berikut daftarnya:

  1. Identitas Diri. Isinya nama lengkap, tanggal lahir, agama, alamat, nomor kontak, golongan darah dan lainnya.
  2. Riwayat Pendidikan. Tulislah riwayat pendidikan formal dan informal Anda.
  3. Pengalaman Kerja. Tulis pengalaman dimana saja Anda pernah bekerja, sebagai apa dan berapa lama.
  4. Pengalaman Organisasi. Jika Anda fresh graduate tulislah pengalaman organisasi Anda. Perusahaan menyukai jika Anda pernah menjadi pemimpin organisasi.
  5. Keahlian Khusus. Tulislah keahlian khusus yang akan menjadi pertimbangan untuk pekerjaan yang Anda lamar. Jangan tuliskan yang tidak perlu. Misalnya Anda melamar posisi IT, keahlian khusus yang Anda tulis malah kemampuan menjual barang.

Membuat daftar riwayat hidup memang tidaklah sulit, namun bagi pemula hal ini tidaklah cukup mudah, masih bingung dan tentunya membutuhkan sebuah contoh daftar riwayat hidup supaya bisa dipahami dengan baik.

Buatlah contoh daftar riwayat hidup secara professional, rapi, dan jujur yang menjelaskan riwayat diri kita secara jelas. Karena riwayat hidup yang kita buat cukup mempengaruhi diterima atau tidaknya kita di perusahaan yang dilamar.

Buatlah dengan jelas, supaya mudah dibaca dan mudah dipahami.

Jujur dalam membuatnya, jangan mencoba memanipulasi CV Riwayat Hidup.
Jangan menulis pengalaman yang tidak penting untuk disebutkan, seperti Lomba Menyanyi, dsb.

Jenis Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup ternyata ada 2 macam. Tak banyak orang yang tahu, tapi dari macamnya ini, akhirnya bisa diketahui daftar riwayat hidup yang mana yang sebaiknya digunakan:

  1. Daftar riwayat hidup berdasarkan urutan kronologis

Daftar riwayat hidup yang satu ini, paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Jenis daftar riwayat hidup yang satu ini mengedepankan mengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan kronologis, baik digunakan bila seseorang mempunyai tipe perkerjaan yang sama sepanjang karir seseorang, sehingga daftar riwayat hidup model ini akan memperlihatkan perkembangan karir seseorang. Daftar riwayat hidup seperti ini lebih disenangi oleh sejumlah perusahaan, karena format susunannya yang dimulai dengan pengalaman kerja paling baru.

  1. Daftar riwayat hidup yang kedua ini adalah daftar riwayat hidup berdasarkan keterampilan

Jenis daftar riwayat hidup ini lebih terfokus pada keterampilan dibanding pengalaman kerja. Fungsinya adalah untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa seseorang mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Daftar riwayat hidup yang satu ini ini cocok untuk para fresh graduate dan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Daftar Riwayat Hidup

DATA PRIBADI

  1. Nama Lengkap : Anang Ridwan
  2. Tempat & tanggal lahir : Magelang, 23 Mei 1990
  3. Alamat : Sawangan, Magelang, Jawa Tengah
  4. Jenis Kelamin : Laki-laki
  5. Status Perkawinan : Menikah
  6. Agama : Islam
  7. No Telp : 08111111111111
  8. Email : anangridwan1111@gmail.com

Pendidikan Formal:

  • 1996 – 2002 : SDN Magelang 1
  • 2005 – 2005 : SMPN Magelang 1
  • 2005 – 2008 : SMAN Magelang 2
  • 2008 – 2013 : UIN Magelang

Pendidikan Informal:

2015 : Kursus Membatik
2015 : Kursus Menulis
2017 : Kursus Kebangsaan

Pengalaman Kerja:

2015-2016 : Bekerja Di Sales marketing di PT Suka Maju

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan cukup singkat dan apa adanya sesuai dengan daftar riwayat hidup saya. Adapun tujuan dari penulisan daftar riwayat hidup ini adalah sebagai data tambahan untuk mempertimbangkan lamaran kerja yang saya ajukan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak, kami sampaikan terima kasih.

Magelang, 25 Juni 2017

Anang Ridwan

Contoh Daftar Riwayat Hidup untuk Fresh Graduate

Daftar Riwayat Hidup

DATA PRIBADI

  1. Nama Lengkap : Anang Ridwan
  2. Tempat & tanggal lahir : Magelang, 23 Mei 1990
  3. Alamat : Sawangan, Magelang, Jawa Tengah
  4. Jenis Kelamin : Laki-laki
  5. Status Perkawinan : Belum Menikah
  6. Agama : Islam
  7. No Telp : 08111111111111
  8. Email : anangridwan1111@gmail.com

Pendidikan Formal:

  • 1996 – 2002 : SDN Magelang 1
  • 2005 – 2005 : SMPN Magelang 1
  • 2005 – 2008 : SMAN Magelang 2
  • 2008 – 2013 : UIN Magelang

Pengalaman Organisasi:

  1. Ketua BEM UIN Magelang
  2. Ketua Volunteer PMI Magelang

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan cukup singkat dan apa adanya sesuai dengan daftar riwayat hidup saya. Adapun tujuan dari penulisan daftar riwayat hidup ini adalah sebagai data tambahan untuk mempertimbangkan lamaran kerja yang saya ajukan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak, kami sampaikan terima kasih.

Magelang, 25 Juni 2013

Anang Ridwan

Daftar Riwayat Hidup Dalam Bahasa Inggris

Curriculum Vitae
Anang Ridwan

anangridwan1111@gmail.com

24 years old/ Magelang/ 165 cm/ 59 kg

Place and date of birth: Magelang, 23rd of Mei 1990

Nationality: Indonesia

Call phone: 08111111111111

Education:

UIN Magelang

SMAN 2 Magelang

Languages:

Listening: 250
Reading: 195
Relevant certivicate: 450
Skills: Ability of operating Computer and internet

Hobby: reading, traveling, listening

Address: St. Ahmad Yani. No. 23 Surabaya

Status: Unmarried

Contoh Daftar Riwayat Hidup Melalui Email

Selain diberikan dalam bentuk berkas secara offline, ternyata daftar riwayat hidup juga bisa dikirim secara online melalui email. Apabila sudah terbiasa berkirim surat dan lain sebagainya melalui email, tentu daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja ini bisa dikirimkan dengan mudah. Namun jika kebetulan belum terbiasa berkirim email tidak perlu khawatir karena pada kesempatan ini akan diulas mengenai langkahnya dari awal. Berikut adalah tata cara membuat dan mengirimkan daftar riwayat hidup melalui email:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat email bagi yang belum memiliki email. Jika sudah, tinggal membuka email tersebut. Namun, yang belum mendaftarkan diri segera buatlah email dengan mengikuti langkah serta petunjuk yang diberikan.
  2. Saat mendaftar email, akan dimintai nomer telefon pribadi yang masih aktif. Dari nomer yang diinput tersebut, nantinya pihak Google akan mengirimkan kode untuk verifikasi kepada nomer tersebut. Fungsi dari kode verifikasi sendiri adalah untuk proses aktivasi email yang didaftarkan tersebut.

Nah, setelah email baru telah aktif dan bisa digunakan, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuklah atau proses log in email
  2. Klik lah bagian “Tulis”
  3. Setelah itu, masukkan alamat email tujuan di kolom kepada
  4. Sedangkan untuk kolom perihal, bisa menuliskan Surat Lamaran Kerja
  5. Kemudian masukkan surat lamaran dan juga CV dalam format doc. Kepada kolom isi pesan dengan memilih tombol lampirkan file
  6. Sesudah seluruh file yang diminta untuk melamar masuk ke email, hanya perlu menekan “kirim”
  7. Mengirim surat lamaran kerja beserta CV melalui email ini memang memiliki kesan yang lebih mudah dan praktis dibandingkan harus jauh-jauh datang ke kantor tujuan.
    Selain menghemat waktu, ini juga akan lebih menghemat biaya. Dengan begitu, pun tidak perlu membuang banyak uang dan tenaga untuk proses melamar kerja.

Demikian ulasan mengenai cara membuat daftar riwayat hidup yang menarik beserta contohnya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *