Pipa PDAM Bocor, Distribusi Air Ke Marelan, Amplas, dan Deliserdang Terganggu

Pelayananpublik.id- Info gangguan distribusi air ke sejumlah daerah di Medan kembali diumumkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sumut.

Lewat akun Instagramnya, PDAM mengatakan saat ini pipa transmisi berdiameter 400mm milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi mengalami kebocoran di Jl Hamparan Perak Desa Pulau Agas Deli Serdang.

Akibatnya, produksi air dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Hamparan Perak terhenti.

hari jadi pelayanan publik

Hal itu dikatakan Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan (Kadiv Sekper) Humarkar Ritonga dalam siaran pers, Kamis (31/10).

“Saat ini telah dilakukan perbaikan atas kebocoran pipa transmisi tersebut, namun selama perbaikan distribusi air ke pelanggan mengalami gangguan,” katanya.

Menurut dia daerah Marelan Raya sekitarnya hingga ke Pasar X Marelan akan terdampak mati air karena perbaikan pipa tersebut.

Selanjutnya pelayanan juga terganggu di Cabang Belawan Kota, wilayah Young Panah Hijau Jl Bukit Barisan Pekan Labuhan.

Diperkirakan hari Jumat sore (1/11), pasokan air ke rumah pelanggan akan kembali normal seperti biasanya.

Selain itu gangguan distribusi air juga terjadi di wilayah PDAM Tirtanadi Cabang Amplas, Cabang Deliserdang, Cabang Cemara, dan Cabang Labuhan.

Hal itu karena adanya kerusakan Gate Valve 400mm Tappingan ke Bandara Kualanamu.

Humarkar menyebut perbaikan dari kerusakan Gate Valve 400mm ini mengakibatkan terhentinya produksi instalasi pengolahan air (IPA) Limau Manis.

Sebagai solusi, kata dia, PDAM Tirtandi akan mengirim mobil tangki ke wilayah yang terdampak gangguan pasokan air. (Nur Fatimah)