Anggaran Rp1 T Lebih, Danau Toba Akan Punya Bandara Jet Pribadi dan 12 Dermaga

Pelayananpublik.id- Pemerintah terus berupaya mengembangkan objek wisata vital milik Indonesia yakni Danau Toba. Berharap Danau Toba akan bersaing dengan Bali, pemerintah pun merencanakan pembangunan yang tidak main-main.

Dari segi transportasi misalnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengucurkan dana Rp1,06 triliun dan Rp70 miliar untuk pembangunan bandara.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dengan anggaran Rp1,06 triliun pemerintah akan membangun 12 dermaga penyebrangan di Danau Toba.

Antara lain di daerah Balige, Muara, Ambarita, Ajibata, Simanindo, Tigaras, Sipinggan, Onanrunggu, Onanbaru, Neinggolan, Pakkara, dan Marbuntoruan.

Selain itu, mereka juga menyiapkan anggaran Rp70 miliar pembenahan dan pembangunan Bandara Sibisa.

Budi Karya menyebut Bandara Sibisa ini nantinya mendukung operasional Bandara Silangit. Hanya saja Bandara Sibisa akan fokus melayani penerbangan jet pribadi.

Di 2020, Menhub akan membangun runway di Bandara Sibisa menjadi sepanjang 2.000 meter dan lebar 30 meter agar pesawat jenis jet pribadi dan ATR bisa mendarat di sana.

Sekedar informasi, lokasi Bandara Sibisa sendiri sangat dekat dengan Parapat yang merupakan pintu masuk kawasan Danau Toba.

Bandara Sibisa saat ini melayani satu penerbangan setiap Jumat dengan rute menuju Bandara Sitoli, Nias, yang dilayani maskapai Aviastar dengan pesawat jenis Twin Otter berkapasitas 18 orang.

Adapun saat ini, kondisi eksisting Bandara Perintis Sibisa memiliki terminal penumpang seluas 120 meter persegi dengan panjang runway 1.200 meter.

Nantinya, Menhub Budi melanjutkan, terminal penumpang Bandara Sibisa yang baru pada tahap pertama akan berukuran 1.200 meter persegi.

“Selain itu, Bandara Sibisa juga akan dilengkapi apron berukuran 10×50 meter yang dapat menampung pesawat 3 pesawat sekelas ATR-72,” sambungnya. (*)

Sumber: Liputan 6

Leave a Reply

Your email address will not be published.