SMPN 3 Medan Wakili Sumut di Lomba Cerdas Cermat Nasional

Pelayananpublik – Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM 2019) ke-4 segera digelar Rabu 9 Oktober 2019 mendatang. Tiap-tiap daerah sudah mulai melakukan banyak penyisihan untuk mengirimkan perwakilannya ke Jakarta.

Di tingkat provinsi Sumatera Utara, SMPN 3 Medan menjadi pemenang setelah mengalahkan Tim SMP Sutomo 1 Medan. Tim SMPN 3 Medan berhak mewakili Sumut di ajang yang diperuntukan bagi para pelajar setingkat SMP/MTs tersebut.

Pada Rabu (9/10/2019) pagi, Tim SMPN 3 Medan yang terdiri dari 3 orang siswa-siswi berangkat ke Jakarta.
Tiga siswa tersebut yakni Nazwa Mora Kania nasution, Ontario Yehezkiel Lature dan Sandika Ilham Muhammad.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Saat pelepasan keberangkatan dari sekolah mereka, hadir politisi muda yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Medan M Afri Rizky Lubis.

Rizky memberi motivasi kepada tim SMPN 3 Medan yang sedang berjuang mengharumkan nama Sumatera Utara khususnya Kota Medan.

“Peduli dengan pendidikan tidak hanya soal fisik gedung dan operasional sekolah, tapi saat-saat begini kita juga harus memberi perhatian lebih kepada adik-adik kita. Mudah-mudahan kehadiran saya di sini bisa menjadi wujud kepedulian tersebut,” kata Rizky.

Rizky juga berpesan kepada siswa tim SMPN 3 Medan agar menjadikan ajang LCCM 2019 ini memperluas pengetahuan.

“Saya mengutip kata bijak dari seorang penulis bernama Shakuntala Devi bahwa pendidikan itu bukan sekadar pergi ke sekolah dan mendapat gelar, tapi juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan,” ungkap Rizky.

Menurut Rizky, masa depan ditentukan oleh perbuatan yang dilakukan hari ini.

“Masa depan adalah milik mereka yang mempersiapkannya hari ini. Hari ini kalian sedang mempersiapkan masa depan kalian dan Kota Medan nantinya,” tukas Rizky.

Sementara di tempat yang sama, Kepala SMPN 3 Medan Hj Nurhalimah Sibuea MPd terharu dengan perjuangan anak didiknya.

“Anak-anak SMPN 3 Medan memang luar biasa. Ini prestasi yang harus terus kita tingkatkan,” ungkap Nurhalimah saat melepas keberangkatan tim SMPN 3 Medan.

Dikatakannya, keberangkatan tim LCCM SMPN 3 Medan turut didampingi perwakilan UPT Museum Disbudpar Sumut dan Guru SMPN 3 Medan.

“Saya juga akan mendampingi anak-anak hanya saja saya berangkatnya besok karena harus mempersiapkan kebutuhan anak-anak di sana nantinya. Lagipula pertandingan dimulai besok Kamis 10 Oktober 2019,” kata Nurhalimah.

Disinggung soal target, Nurhalimah berharap yang terbaik. “Saya berharap yang terbaik. Target kita masuk 10 besar. Ini bukan soal kalah menang, tapi bagaimana kita menanamkan jiwa ksatria kepada anak-anak kita,” tegas Nurhalimah.

Puncak dari Lomba Cerdas Cermat Museum akan digelar di Museum Nasional Indonesia, Jakarta, bertepatan dengan Pekan Kebudayaan Nasional pada tanggal 9 hingga 13 Oktober 2019 mendatang. Materi perlombaan adalah sejarah kebudayaan Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, serta wawasan permuseuman. Enam tim terbaik akan dipilih sebagai Juara dengan total hadiah senilai lebih dari 100 juta rupiah.

Lomba Cerdas Cermat Museum sudah dilaksanakan sejak 2015, dua tahun berturut-turut 2017 dan 2018 juara pertama direbut oleh Provinsi Jawa Tengah. Selain untuk menguji wawasan pelajar akan kebudayaan dan permuseuman, lomba ini juga ditujukan guna menciptakan persaudaraan antar generasi muda Indonesia dari berbagai daerah, untuk mengokohkan persatuan bangsa.