Jumat Siang Ini, Demo Besar Menolak RUU Kembali Terjadi di Medan

Pelayananpublik.id – Demo besar dengan jumlah massa hingga ribuan orang dari berbagai elemen masyarakat akan kembali terjadi di Kota Medan, Sumatera Utara pada Jumat (27/9/2019) siang.

Dari informasi yang diterima dari grup komunitas jurnalis, demo tersebut kembali menuntut pembatalan beberapa RUU yang sedang digodok dan juga terkait UU KPK.

Berikut informasi yang telah tersebar ke masyarakat :

1. Kegiatan Aksi Solidaritas Bersih-bersih DPRD Sumut oleh Forum Aktivis Mahasiswa Sumatera Utara Bersatu (FORAMATSU) bertempat di Kantor DPRD Sumut Jl. Imam Bonjol Medan. Titik Kumpul Lapangan Merdeka Medan. Jumlah massa ± 700 (tujuh ratus) orang. Tuntutan : Tangani Secara serius KARHUTLA, Tinjau Kembali RUU KUHP karena kami Mahasiswa terdapat kekonyolan dalam RUU KHUP dan Cabut RUU KPK.

2. Unjuk Rasa menolak Pengesahan RUU KPK dan RUU KUHP yang berasal dari belasan sekolah negeri dan swasta bertempat di Kantor DPRD Sumt Jl. Imam Bonjol Medan. Titik kumpul massa SPBU Hanif Cemara, Kompleks MMTC Pancing, dan Istana Maimun. Route yang dilalui Jl. Wiliam Iskadar- Jl. HM. Yamin, Jl. Stasiun Kereta Api- Jl. Perdana- Jl. Hindu- Jl. Imam Bonjol. Jumlah massa ± 200 (dua ratus) orang.

3. Kegiatan Aksi Unjuk Rasa yang dilakukan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah se-Sumatera Utara bertempat di Polrestabes Medan Jl. H.M Said No.1 Medan. Jumlah massa ± 200 (dua ratus) orang. Titik kumpul Kampus UMSU Jl. Muchtar Basri medan. Tuntutan : Copot Kapolda Sulawesi Tenggara, Usut Tuntas Penembakan yang terjadi pada aksi di Sulawesi Tenggara dan Hukum Pelaku Penembakan.

4. Unjuk rasa pelajar bertempat di Kantor DPRD Sumut Jl. Imam Bonjol Medan. Titik Kumpul MMTC Pancing, SPBU H. Anif, GOR Pancing, Lapangan Merdeka Istana Maimun, Mesjid Raya dan Ring Road Jl. Gagak Hitam. Jumlah massa ± 5.000 (lima ribu) orang. Tuntutan menolak RUU KPK dan RUU KUHP.

5. Kegiatan Aksi Unjuk Rasa yang dilakukan Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara (BEMNUS) bertempat di Kantor DPRD Sumut Jl. Imam Bonjol Medan. Titik Kumpul Lapangan Merdeka Medan. Jumlah peserta ± 300 (tiga ratus) orang. Tuntutan : Menolak RUU KPK dan RUU KUHP, Selesaikan masalah Kebakaran Hutan dan Lahan dan Evaluasi Sistem Audit Pengolahan BPJS.

(foto : massa yang bergerak ke kantor DPRD Sumut)

Terkait unjuk rasa tersebut, mulai pukul 13.00 WIB, pergerakan massa yang mengendarai kendaraan bermotor telah terlihat di jalan. Demo rencananya akan dimulai pukul 14.00 WIB di kantor DPRD Sumut dan Mapolda Sumutm Kota Medan. Ada potensi kemacetan di sekitar lokasi seperti pada demo Selasa (24/9/2019).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *