Begini Ciri-ciri Whatsapp Anda Sedang Disadap dan Cara Menghentikannya

Pelayananpublik.id– Kemajuan teknologi kini membuat manusia hampir bisa melakukan apa saja. Bahkan teknologi komunikasi bertransformasi menjadi sangat canggih bukan hanya mengirimkan suara, kini lewat aplikasi orang sudah bisa mengirim gambar bahkan berkomunikasi face to face.

Salahsatu aplikasi yang paling populer saat ini adalah whatsapp. Aplikasi ini memungkinkan orang berkomunikasi baik lewat tulisan chat, suara, telpon, maupun video call.

Namun di balik kecanggihan itu ada bahaya yang mengintai jika Anda tidak cermat menggunakannya. Salahsatunya adalah ketika Whatsapp Anda disadap. Sialnya, Anda bahkan tak menyadari akun Anda disadap sehingga menimbulkan banyak kerugian.

Penyadapan juga merupakan bentuk pelanggaran privasi. Karena jika perangkat Anda disadap, bisa dipastikan si penyadap itu mengetahui dengan siapa Anda berkomunikasi, apa isi pesan Anda, foto-foto yang Anda bagikan dan lainnya.

Ternyata Anda bisa mengetahui Whatsapp Anda sedang disadap oranglain loh. Begini ciri-cirinya.

1. Chat WhatsApp Terbaca Sebelum Dibaca

Nah, ada pesan masuk Anda belum sempat baca tapi sudah tertanda dibacam
Hmm. Ini biasanya pesan Anda sudah dibaca oleh penyadap.

Disini terlihatnya pentingnya pengaturan centang biru dalam pesan Whatsapp Anda. Kadang orang menonaktifkan centang biru tanda pesan dibaca di Whatsappnya. Jika Anda menonaktifkan tanda itu, maka cara ini tidak bisa dipakai.

2. WhatsApp Online Padahal Tidak Aktif

Misalkan smartphone Anda dalam kondisi mati, lalu kamu coba cek akun whatsappnya melalui smartphone teman dan terlihat “Online” berarti WhatsApp Anda sedang tersadap oleh orang lain.

3. Membalas Chat Sendiri Tanpa Diketahui

Nah, ini yang sangat mudah terlihat. Karena sangat aneh chat Anda berjalan sendiri. Sudah pasti ada yang menyadapnya.

4. WhatApp Web/Desktop Aktif

Jika kamu merasa tidak pernah meng-aktifkan fitur whatsapp web lalu ketika kamu cek ternyata aktif, maka bisa dipastikan 100% aplikasi chat WhatsApp kamu sudah disadap oleh orang lain.

Berikut cara mengeceknya : Setting –> WhatsApp Web/Desktop –> Lihat.

Bagaimana? Apakah ada dari tanda-tanda di atas yang Anda alami? Jangan panik dulu, berikut adalah cara-cara mengentikan Whatsapp yang disadap.

1. Mengeluarkan Semua Perangkat

Untuk menghentikan sadapan yang sudah berlangsung, kamu dapat menghentikannya dengan mengeluarkan seluruh perangkat yang terkoneksi dengan WhatsApp kalian.

Caranya: Setting –> WhatsApp Web/Desktop –> Keluar dari semua komputer –> Keluar.

2. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Tips yang kedua digunakan untuk mencegah adanya tindakan pembajakan dengan cara mengaktifkan fitur two factor authentication whatsapp atau verifikasi dua langkah.

Caranya: Setting –> Akun –> Verifikasi Dua Langkah –> Aktifkan –> Masukkan PIN –> Masukkan Email –> Selesai. Selamat mencoba! (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.