Apa Itu Resensi? Berikut Penjelasan Tentang Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Tekniknya

Pelayananpublik.id– Saat ini ulasan-ulasan mengenai makanan, film dan lainnya sudah jamak terlihat di televisi, internet dan media lain.

Jika ulasan mengenai makanan biasanya disebut food review,
maka untuk buku dan karya seni namanya resensi.

Ya, resensi adalah kata lain dari ulasan buku sebagai karya sastra dan karya ilmiah.

Resensi adalah kegiatan menilai, membahas, mengkritik atau mengungkapkan kembali isi yang ada didalam sebuah karya dengan cara memaparkan data-data, sinopsis, dan kritikan terhadap karya tersebut.

Dalam menulis resensi, harus disertakan kelebihan dan kekurangan buku atau karya tersebut. Hasil resensi juga biasanya dipublikasikan media massa, seperti surat kabar atau majalah.

Secara etimologi, resensi berasal dari Belanda resentie dan Bahasa Latin recensio, recensere atau juga revidere yang memiliki arti mengulas kembali atau melihat kembali. Sedangkan dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah review.

Pengertian Resensi Menurut KBBI
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonsia), resensi diartikan sebagai pertimbangan atau pembicaraan dan ulasan tentang buku.

Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian resensi menurut para ahli.

Panuti Sudjiman (1984)

Resensi adalah hasil pembahasan dan penilaian yang pendek tentang suatu karya tulis. Konteks ini memberi arti penilaian, mengungkap secara sekilas, membahas, atau mengkritik buku.

Euis Sulastri dkk

Istilah resensi berasal dari bahasa Belanda, resentie, yang berarti kupasan atau pembahasan. Jadi, pengertian resensi adalah kupasan atau pembahasan tentang buku, film, atau drama yang biasanya disiarkan melalui media massa, seperti surat kabar atau majalah.

Saryono (1997:56)

Resensi adalah sebuah tulisan berupa esai dan bukan merupakan bagian suatu ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku. Isinya adalah laporan, ulasan, dan pertimbangan baik-buruknya, kuat-lemahnya, bermanfaat-tidaknya , benar-salahnya, argumentatif- tidaknya buku tersebut. Tulisan tersebut didukung dengan ilustrasi buku yang diresensi, baik berupa foto buku atau foto copi sampul buku.

Dalam menulis resensi biasanya penulis menyusun data seperti judul, pengarang, penerbit, tahun terbit beserta cetakannya. Kemudian dimensi buku, harga, isi resensi Buku dan penutup.

Tujuan Resensi

– Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah hasil karya secara ringkas.

– Mengetahui kelebihan dan kelemahan karya yang diresensi.

– Mengetahui latar belakang dan alasan sebuah karya dibuat.

– Menguji kualitas karya dan membandingkannya terhadap karya lainnnya.

– Memberi masukan kepada pembuat karya berupa kritik dan saran.

– Mengajak pembaca untuk mendiskusikan karya yang diresensi.

– Memberikan pemahaman serta informasi secara komprehensif kepada pembaca tentang karya yang diresensi.

Manfaat Resensi

Resensi merupakan kegiatan mengulas sebuah karya. Tentu saja kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap suatu karya tersebut. Adapun tujuan resensi adalah:

1. Sebagai Bahan Pertimbangan

Resensi bertujuan memberikan gambaran kepada para pembaca tentang suatu karya dan mempengaruhi mereka atas karya tersebut.

2. Untuk Nilai Ekonomis

Selain itu memnuat resensi bisa menghasilkan uang. Penulis resensi bisa mendapatkan uang atau imbalan serta buku-buku yang diresensikan secara gratis dari penerbit buku apabila resensinya dimuat di koran atau majalah.

3. Sarana Promosi Buku

Nah, ketika mengulas sebuah buku, maka para pembaca sedikit banyak akan mengetahui isi buku tersebut. Tidak menutup kemungkinan juga mereka akan tertarik membelinya.

4. Pengembangan Kreativitas

Semakin sering menulis, maka semakin terasah kebiasaan menulis untuk setiap individu. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kreativitas menulis.

Jenis Jenis Resensi

Berikut ini jenis jenis resensi, naun yang perlu dicatat adalah jenis jenis resensi dibaah ini tidak baku, karena bisa saja ketiganya diterapkan secara bersamaan.

1. Resensi Informatif

Resensi informatif adalah resensi yang hanya menyampaikan isi dari resensi secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.

2. Resensi Deskriptif

Resensi yang membahas secara detail pada tiap bagian atau babnya.

3. Resensi Kritis,

Yang lainnya adalah resensi kritis yaitu resensi yang berbentuk ulasan detail dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari resensi biasanya kritis dan objektif dalam menilai isi buku.

Struktur Teks Resensi

Identitas,  mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku. Bagian ini mungkin saja tidak dinyatakan secara langsung, seperti yang tampak pada teks ulasan film dan lagu.

Orientasi, Bagian ini biasanya terletak di paragraf pertama, yakni penjelasan tentang kelebihan buku seperti penghargaan yang pernah didapatkan oleh buku yang diresensi.
Sinopsis, berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.

Analisis, berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.

Evaluasi, berupa paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya.

Demikian ulasan mengenai resensi mulai dari pengertian, tujuan, jenis hingga manfaatnya. Semoga menambah wawasan Anda. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.