Urgensi, Pengertian Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Urgensi merupakan kata yang sering terdengar dalam percakapan lisan ataupun dalam berbagai tulisan.

Banyak juga orang yang silap menggunakan kata urgensi dalam percakapan sehari-hari. Kadang urgensi itu dinilai berarti “kepentingan”. Hal itu sering terlihat dalam pembicaraan politik dan sejenisnya.

Padahal urgensi artinya lebih dari sekedar kepentingan.

Urgensi berasal dari Bahasa Inggris yakni “urgent”. Urgent sendiri berarti kepentingan yang mendesak atau sesuatu yang bersifat mendesak dan harus segera ditunaikan.

Begitupun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), urgensi adalah keharusan yang mendesak; hal sangat penting.

Contoh kalimat: Meningkatkan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia jelas sekali urgensinya.

Selain itu ada banyak contoh urgensi yang berada di tengah masyarakat sesuai konteks masing-masing.

Contoh Urgensi Dalam Kehidupan

Contohnya urgensi psikologi agama yang dalam pendidikan Islam.

Dalam pendidikan Islam tentu dijelaskan mengenai gambaran akhirat. Bagaimana manusia harus menjalankan amanat dan kehidupan yang baik untuk mendapatkan hadiah di akhirat nanti. Sehingga pekerjaan dunia akhirat harus seimbang.

Selain itu urgensi psikologi agama yang dalam pendidikan Islam adalah menjelaskan agama secara logika. Ada beberapa orang yang mempelajari agama khususnya pendidikan Islam akan merasa bingung dan menganggap banyak hal tidak masuk akal. Adanya psikologi agama menjelaskan bahwa semua ada yang masuk logika dan tidak masuk logika.

Tidak hanya agama bahkan ilmu pasti layaknya matematika atau sains. Misalnya saja, agama mewajibkan anda untuk percaya bahwa doa bisa mengabulkan segalanya.

Namun tidak masuk akal secara logika. Maka sama halnya dengan anda tidak akan bisa melihat radiasi, namun bisa tertangkap menggunakan bantuan teknologi tinggi dan memberikan efek yang besar dan negatif. Padahal nyatanya tidak bisa dilihat secara fisik.

Contoh lain adalah urgensi budaya tertib lalulintas di tol.

Disebut urgensi karena memang perlu mendesak diterapkan agar jumlah kecelakaan berkurang.

Contoh kecelakaan fatal adalah yang terjadi di tol Cipularang km 91 pada Senin 2 September 2019 yang harus merenggut 9 nyawa dalam waktu hanya 5 menit saja yang melibatkan 21 buah kendaraan dari berbagai jenis.

Kecelakaan di tol itu sangat memprihatinkan mengingat pengendara selama ini juga kurang patuh terhadap lalu lintas.

Contoh lain adalah urgensi mempelajari sejarah. Sejarah merupakan kenangan yang berarti dan memiliki makna besar dalam sebuah kehidupan. Untuk itu sejarah selain untuk dikenang tapi juga sebagai ilmu untuk menghadapi masa depan.

Demikian ulasan mengenai urgensi, pengertian hingga contoh-contohnya dalam kehidupan. Semoga menambah wawasan Anda. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *