‘Wisata Halal Danau Toba’, Martin Manurung: Jangan Habiskan Energi Memperdebatkan Hal yang Tidak Perlu

Pelayananpublik.id – Banyak pihak yang mengomentari wacana menyajikan wisata halal yang dihembuskan Gubernur Sumatera Utara (Sumut). Hal itu pun menjadi berdebatan di tengah masyarakat.

Menanggapi hal itu, Martin Manurung yang merupakan tokoh muda berdarah Batak menyayangkan isu-isu yang berkaitan dengan keyakinan agama dibawa ke ranah publik.

“Halal dan haram itu kan persoalan keyakinan individu. Hal-hal seperti itu harusnya tidak usah dibawa ke dalam ranah publik, karena akan jadi problematik,” ujar Martin Manurung yang menjabat sebagai Ketua DPP Partai NasDem dikonfirmasi, Senin (2/9/2019) malam.

Menurut Martin, lebih baik pembahasan terkait wisata halal dilakukan dalam rapat tertutup bersama kepala daerah sekawasan dan tokoh masyarakat. Yang mana dalam diskusi itu, juga dibahas bagaimana menata kawasan Danau Toba menjadi lebih baik, kebersihan lebih bagus.

“Kemudian juga kelengkapan-kelengkapan lain, seperti rumah makan yang ditambah. Misalnya rumah makan nasional (rumah makan tidak menjual daging babi). Sebenarnya sudah banyak rumah makan nasional di kawasan toba,” ujar Martin.

Wisata Halal Danau Toba Jadi Problematik

Baca Selanjutnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.