Apa Itu Milenial? Berikut Pengertian, dan Karakteristiknya

Pelayananpublik.id- Istilah milenial kian membumi di tengah masyarakat saat ini. Istilah tersebut juga dikaitkan dengan hal yang serba modern, canggih dan kekinian.

Kemudian ada lagi istilah generasi milenial yang merujuk pada anak-anak muda yang saat ini sangat dekat dengan teknologi internet.

Lalu apa sebenarnya arti milenial itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Milenial

Milenial berkaitan dengan istilah milenium yakni penyebutan hitungan untuk setiap seribu tahun.

Nah saat ini kita berada di milenium kedua sejak tahun 2000.

Milenial sendiri menurut para ahli adalah anak-anak yang lahir pada awal 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran.

Milenial juga dikenal sebagai Generasi Y, Gen Y atau Generasi Langgas yakni kelompok demografi setelah Generasi X (Gen-X).

Sehingga kaum milenial dapat dibedakan secara pola pikir dan pola hidupnya dari generasi sebelumnya yakni generasi X.

Milenial pada umumnya adalah anak-anak dari generasi Baby Boomers dan Gen-X yang tua. Milenial kadang-kadang disebut sebagai “Echo Boomers” karena adanya ‘booming’ (peningkatan besar), tingkat kelahiran pada tahun 1980-an dan 1990-an.

Untungnya di abad ke 20 tren menuju keluarga yang lebih kecil di negara-negara maju terus berkembang, sehingga dampak relatif dari “baby boom echo” umumnya tidak sebesar dari masa ledakan populasi pasca Perang Dunia II

Selain itu, saat ini kaum milenium menganggap kehidupan sosial sebagai aspek yang penting. Berbagai kemajuan teknologi, dan perilaku konsumtif memang lekat sebagai karakteristik era milenium ini.

Setelah generasi Y kini muncullah generasi Z yaitu anak-anak kita pada saat ini.

Karakteristik Generasi Milenial

Generasi milenial sangat dekat dengan teknologi internet. Seperti yang diketahui internet membuat kehidupan menjadi mudah dan praktis. Nah, itulah yang disukai para milenial serba praktis.

Berikut ciri atau karakteristik generasi milenial.

1. Gadget Jadi Kebutuhan Utama

Tak dipungkiri gadget memiliki peranan vital dalam kehidupan saat ini. Bahkan dengan gadget banyak aktivitas tergantikan. Kemajuan teknologi internet memiliki dampak positif dan negatif pada kehidupan saat ini.

Namun kenyataannya teknologi itu mempermudah hampir setiap aktivitas mulai komunikasi, pembayaran, hingga pemesana makanan.

Tak heran gadget menjadi kebutuhan utama generasi milenial saat ini.

2. Suka Yang Serba Instan

Dengan adanya internet generasi milenial pun semakin cinta dengan gaya hidup yang serba instan. Mau makan tinggal pesan, mau belanja tinggal transfer, bahkan kalau mau ambil uang dan lupa bawa kartu ATM masih bisa pakai gadget.

3. Gampang Bosan

Para milenial memang punya jurus kalap dan gercep alias gerak cepat kalau sedang keluar produk baru. Dengan mudahnya mengakses internet, tinggal pencet, dan dapatlah akhirnya barang yang diidam-idamkan.

Tapi di balik itu, ternyata kaum millennial mudah bosan dengan barang yang mereka miliki lho! Makannya gak heran, barang-barang mereka biasanya berakhir di situs jual beli online.

4. Memilih Pengalaman Daripada Aset

Daripada menabung, mereka lebih suka menghabiskan uang mereka untuk mendapat pengalaman seru. Misalnya dengan liburan atau nonton bioskop dan mencoba hal-hal baru.

5. Berbeda Perilaku

Sekarang ngobrol rame-rame nggak cuma bisa dilakukan saat nongkrong aja. Berkat menjamurnya aplikasi berbasis chat, semua orang pun bisa ngobrol dengan banyak teman sekaligus dalam fitur group chat.

Entah sadar atau enggak, kebanyakan millennials punya ‘wajah’ atau pembawaan yang berbeda antara ketika ia dengan grup satu dengan ketika berada di grup yang lain.

6. Multitasking

Di samping itu semua, para milenial juga multitasking atau bisa disuruh melakukan beberapa tugas bersamaan. Mobilitas serta aktivitas yang tinggi membuat mereka terbiasa melakukan banyak hal dengan cepat.

8. Kritis Terhadap Masalah Sosial

Generasi milenial mendapat asupan informasi dari internet setiap harinya. Sehingga fenomena sosial dari seluruh dunia pun mereka ketahui. Mereka pun tak segan memberi komentar kritis terhadap informasi tersebut.

Demikian ulasan mengenai milenial, pengertian dan karakteristik generasi milenial. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.