Kecewa Berat, Lakukan Ini Ketika Cintamu Ditolak

Cinta merupakan hal yang rumit untuk dijelaskan secara nalar. Sebab cinta merupakan perasaan masing-masing sesuai keinginan hati manusia.

Ibarat pepatah mengatakan dalamnya lautan bisa diukur sedangkan dalamya hati manusia tidak terukur. Dari pepatah itu dapat dilihat kalau sangat sulit memahami perasaan masing-masing manusia.

Kelihatannya baik, perhatian dan selalu menjadi tempat curah, pas ditembak eh dia menolak dan menjauh.

Tentu ada perasaan kecewa yang muncul ketika cinta ditolak. Rasanya juga beragam pada setiap manusia. Ada yang biasa saja, sedih sesaat, ada pula hingga putus asa hingga bunuh diri.

Tapi ingatlah, jika cintamu ditolak bukan berarti kamu manusia yang tidak layak. Jangan langsung merasa kamu manusia terjelek di dunia.

Mending sayangi dirimu dan jauhkan pikiranmu dari rasa rendah diri.

Belajar Menerima Bahwa Manusia Tidak Punya Kendali Terhadap Perasaan Orang Lain

Belajarlah menerima kenyataan kalau perasaan orang tidak bisa kamu kendalikan. Apa yang kamu sukai belum tentu orang lain menyukainya.

Dan ketika ditolak, hargailah perasaan dan pendapat orang yang menolakmu. Meski berat, kamu memang harus menghadapi kenyataan itu. Jangan memaksakan orang lain harus suka padamu.

Tentu kamu juga tidak mau dipaksa untuk menyukai orang yang tidak kamu suka kan?

Maka usahamu untuk membuat dia senang dan berubah pikiran bisa jadi sia-sia. Memang cinta butuh pengorbanan, tapi tidak yang berlebihan juga.

Jangan Tenggelam Dalam Kesedihan dan Amarah

Cinta ditolak memang menyakitkan sehingga korbannya pasti patah hati. Namun jangan sampai rasa sakit itu membuatmu gelap mata dan merugikan dirimu sendiri.

Terlalu menyukai orang juga tidak baik. Bahkan Allah SWT mengatakan yang kamu sukai/cintai belum tentu baik untukmu.

Mendekatlah kepada Tuhan ketika kamu merasa sendiri, dan mengadulah sesukamu. Cukup Tuhanlah yang tahu airmatamu dan jangan biarkan orang lain melihatnya.

Tersenyumlah dan jalani hidupmu seperti biasa. Jangan menyimpan sedih apalagi dendam dan amarah. Itu akan merugikan dirimu dan kamu akan dibenci orang.

Berhenti Berpuisi dan Membuat Status Galau di Media Sosial

Salahsatu cara yang dilakukan orang untuk melampiaskan kekecewaannya saat cintanya ditolak adalah menulis status aneh-aneh di media sosial. Dengan harapan gebetan bakal membacanya dan menyesal telah menolak cintanya.

Stop! Yang kamu lakukan itu b.o.d.o.h ya bodoh. Hanya anak alay yang mengumbar perasaannya di media sosial.
Pertama, dia tidak akan tergugah dengan puisi dan status galaumu. Apalagi kamu pajang foto sedang menangis. Dia tidak akan mengasihanimu. Justru dia bersyukur dia tak dapat pacar alay begitu.

Kedua, kamu akan jadi bahan tertawaan teman-temanmu tanpa sepengetahuanmu. Kamu pikir orang bakal iba, padahal orang merasa kamu bodoh.

Berhenti Pura-pura Bahagia dengan Gebetan Baru

Nah, ada orang yang berpura-pura bahagia dengan memiliki pacar baru setelah ditolak. Maksudnya menampilkan kesan keren, ganteng, playboy atau apalah.

Sehingga ia menampilkan kemesraan yang berlebihan di depan orang yang menolaknya.

Jangan melakukan itu karena orang yang menolakmu tak akan menyesali keputusannya. Bahkan ia telah membuktikan bahwa kamu layak ditolak.

Fokus Perbaiki Diri dan Hubungan Dengan Keluarga

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah menyayangi dirimu dan keluargamu. Jadilah manusia yang berguna di mata keluarga dan agamamu.

Daripada larut dalam sedih dan menyimpan luka hingga bertahun lamanya lebih baik kamu memperbaiki diri, bekerja dengan lebih baik, dan menyayangi keluargamu.

Cinta dan doa dari keluargamu juga yang akan membawa jodohmu datang padamu. Jangan terlalu sibuk mengejar orang yang tidak menyukai, kejarlah yang lebih penting. Biarkan orang yang menolak menyesal dengan sendirinya setelah melihatmu lebih sukses dan mendapat pasangan yang jauh lebih baik daripada dia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *