Pekalah Wahai Para Suami, Ucapan Ini Bisa Menyakiti Istri Tanpa Kamu Sadari

Keharmonisan rumahtangga memang tidak bisa dibangun sendirian. Tentu perlu keseimbangan dari kedua belah pihak yakni suami dan istri untuk saling menjaga agar biduk rumahtangganya berlayar dengan tenang.

Namun ketenangan rumah bisa terusik jika salahsatunya tersakiti hatinya. Untuk itu segala perlakuan dan perkataan haruslah dijaga agar tidak ada pihak yang tersakiti.

Berbicara soal sakit hati, tentu wanita lebih sensitif perasaannya. Kadang candaan saja bisa membuatnya sakit hati padahal tidak ada yang menyadarinya.

Dari itu para suami, kamu harus memperhatikan perasaan istrimu sebelum semuanya terlambat.
Kadang suami tidak merasa kalau istrinya sakit hati karena ucapannya. Meski hanya canda tapi kalau menyinggung perasaan, akan menjadi masalah besar juga.

Memuji Masakan Orang Lain Akan Membuat Istrimu Tersinggung

Mungkin kamu bosan dengan menu makanan di rumah yang itu-itu saja. Tapi jangan sampai komentar yang menyakitkan hati ala juri masterchef keluar dari bibirmu.

Jika ingin menu lain katakan dengan baik sekaligus berilah uangnya.

Jangan pernah membandingkan masakannya dengan masakan orang lain karena masakan adalah produk kebanggaan istri. Meski rasanya tidak pas di lidah janganlah sampai membuatnya down.

Jika istrimu hilang mood untuk masak, kamu sendiri yang akan repot.

Hilangkan Kebiaaaan Mengomentari Fisik Istrimu Setelah Menikah

“Kamu kok kusut gak ada seger-segernya, kamu kok makin lebar saja makanya olahraga jangan diam di rumah saja,”

Kata-kata itu meski kamu sampaikan dalam situasi bercanda akan membekas di hati istri. Akibatnya ia akan minder, dan tak percaya diri lagi.

Ia pun akan menganggap kamu sudah tidak menyukainya lagi karena fisiknya berubah. Mungkin saat gadis ia bebas meminta kosmetik dan perawatan tubuh pada orangtuanya. Saat menikah denganmu otomatis itu menjadi kewajibanmu. Jika kamu tak sanggup membiayai perawatan tubuhnya sebaiknya jangan berkomentar apapun.

Menyebut Nama Mantan Adalah Pamali

Sebagian wanita mungkin bisa terima masa lalumu, namun banyak wanita yang tak suka suaminya mengingat mantan kekasihnya.

Meski iseng, kamu tidak perlu menyebut nama mantanmu apalagi bertutur sapa dengannya. Meski diam, istri pasti membatin kesal.

Apalagi jika kamu mulai membandingkan dirinya dengan mantan kekasihmu, istrimu akan sakit hati meski ia tidak mengatakannya.

Keburukan Istri Cukup Diketahui Suami, Begitu Juga Sebaliknya

Membuka aib, menceritakan keburukan istri dan mengungkapkannya dengan santai di depan banyak orang adalah sikap suami yang sering membuat istri sakit hati.

Saat sedang ada perjamuan makan malam di rumah, meja makan dipenuhi oleh teman-teman suami. Kemudian beberapa undangan mengatakan kalau hidangan yang disediakan rasanya sangat lezat, ini membuat makan malam terasa benar-benar nikmat.

Kemudian suami dengan sengaja menceritakan kalau ia memesannya di restoran mewah, lalu ia menceritakan kalau istrinya tidak mungkin bisa masak makanan seenak itu. Obrolan tidak penting seperti ini tentu bisa menyakiti hati seorang istri.

Suami perlu pikirkan kembali apa yang semestinya dibicirakan atau tidak tentang istrinya di depan orang lain.

Suami Tidak Menghargai Orangtua Istri

Disebutkan dalam kajian laman moslemsunnah bahwa kewajiban ketaatan seorang anak kepada orang tua sangat ditegaskan. Ketaatan ini menempati urutan kedua setelah kewajiban bertauhid kepada Sang Pencipta.

Ketaatan pada orangtua juga harus tetap dalam koridor yang diperbolehkan termasuk berbuat yang baik-baik kepada sesama.

Bayangkan jika suami tidak menghargai orangtua istri, tentu ini bisa menyebabkan sakit hati yang luar biasa. Istri tentunya tidak mengharapkan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *