Pengertian Teknologi, Sejarah, Manfaat dan Tujuannya

Pelayananpublik.id- Dalam kehidupan sehari-hari saat ini, manusia banyak dimudahkan dengan berbagai teknologi. Mulai dari komunikasi hingga kemudahan pekerjaan lainnya.

Teknologi hadir begitu pesat hingga menggantikan pekerjaan sulit manusia. Lalu apa srbenarnya pengertian teknologi?

Secara umum, teknologi adalah berbagai keperluan serta sarana berbentuk aneka macam peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia.

hari jadi pelayanan publik

Dari segi bahasa, teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani) techno artinya ‘keahlian’ dan logia artinya ‘pengetahuan’.

Pada awalnya makna teknologi terbatas pada benda- benda berwujud seperti peralatan- peralatan atau mesin.

Namun seiring berjalannya waktu makna teknologi mengalami perluasan. ia tidak terbatas pada benda berwujud, melainkan juga benda tak berwujud.

Manusia menggunakan teknologi dalam bidang komunikasi, pembelajaran, transportasi, bisnis, manufaktur, pengamanan data dan lain sebagainya. Definisi teknologi luas, setiap orang mempunyai cara sendiri memahami maknanya.

Yang jelas, teknologi tidak terbatas pada smartphone, laptop, Komputer, pesawat, kereta. Peralatan sederhana seperti palu, sendok, kursi, botol pun adalah bagian dari teknologi.

Adapun penertian menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut.

1. Gary J Anglin

Menurut Gary J Anglin teknologi adalah penerapan ilmu- ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah.

2. M Maryono

Maryono menyebut teknologi adalah pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan
sehari- hari.

3. Jacques Ellil

Teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

Sejarah Teknologi

Teknologi bermula dari pemikiran manusia untuk mempermudah pekerjaannya.

Selama beri-ribu tahun lalu teknologi sudah dikenal oleh manusia, hanya saja bentuk- bentuknya tidak secanggih dengan apa yang kita temukan di masa kini. Berikut penjelasan perkembangan teknologi berdasarkan eranya.

1. Masa pra-Sejarah

Pada masa pra sejarah ini, teknologi yang digunakan terbuat dari batu, perunggu dan besi. Teknologi yang dikenal di zaman pra-sejarah contohnya adalah Pedang, kapak genggam dan bejana perunggu.

2. Teknologi Zaman Kuno

Sesudah masa prasejarah, masa selanjutnya adalah zaman kuno. Pada masa ini teknologi sudah berkembang ke arah kontruksi, maritim, pertanian dan alat- alat tulis. Manusia sudah mengenal bagaimana membangun sebuah kontruksi bangunan sampai pada tahap rumit. Contohnya Piramid, Kapal, Mercusuar dan jam matahari.

3. Abad Pertengahan – Era Modern

Di abad pertengahan, teknologi yang digunakan sudah mulai mengalami kemajuan, hal ini ditandai dengan adanya berbagai penemuan, seperti di bidang astronomi, medis, matematika, militer hingga ilmu kartografi. Contohnya busur silang, mesin cetak, aljabar dan navigasi kapal.

4. Era Revolusi Industri

Sementara, di era revolusi industri, perkembangan teknologi mulai terlihat semakin jelas di masa ini. Berbagai jenis mesin berhasil dibuat yang kemudian menggantikan tenaga manusia menjadi tenaga mesin.

Masa ini adalah cikal bakal perkembangan teknologi di masa kini. Contohnya Mobil generasi awal, telegrap, telepon, mesin tenun, mesin uap dan sepeda.

5. Abad 20

Pada abad ke 20, teknologi dalam bidang lain pun berkembang pesat. Dalam bidang militer, bom atom berhasil diciptakan. Transistor yang menjadi cikal bakal ukuran komputer kecil seperti sekarang ini juga ditemukan. Pada akhir abad ini Internet mulai diperkenalkan untuk umum dan komersil.

6. Abad 21

Pada masa ini, berbagai teknologi sudah mulai dikembangkan. Mulai dari teknologi yang dibutuhkan untuk rumah tangga, pendidikan, sosial, teknologi informasi, dan hal lainnya.

Manfaat Teknologi Bagi Manusia

Kemajuan teknologi berdampak kepada kehidupan manusia. Sebagaian pekerjaan manusia sangat terbantu dengan adanya teknologi.

Teknologi sangat lekat dengan peralatan canggih. Dengan teknologi juga beragam aktivitas dapat dilakukan dengan mudah. Mulai dari teknologi informasi, telekomunikasi, transportasi dan lain-lain.

Berikut ulasan mengenai manfaat teknologi di berbagai bidang.

1. Bidang Bisnis

– Memperluas pangsa pasar

– Meningkatkan efisiensi waktu dan operasional

– Mengurangi biaya operasional dan biaya produksi

– Memberikan keunggulanyang lebih kompetitif

– Menghasilkan peluang usaha baru

2. Kehidupan Sosial

– Memudahkan mendapatkan informasi atau berita baik di dalam maupun luar negeri

– Memudahkan pencarian teman lewat beberapa sosial media

– Menambah ilmu pengetahuan

– Dapat memberikan hiburan secara praktis

– Memudahkan segala urusan

3. Bidang Pendidikan

– Membantu guru mengajar

– Memicu kreatifitas guru

– Membantu siswa dalam belajar

– Menciptakan kegiatan belajar mengajar yang mengasyikkan

– Memudahkan siswa dalam mencari sumber informasi materi belajar

– Menaikkan standard sekolah

– Memperluaskan wawasan siswa

4. Bidang Pangan

– Mencukupi kebutuhan pangan

– Meningkatkan kreatifitas para produsen

– Mengawetkan hasil pangan

– Menghilangkan berbagai penyakit dari makanan

– Meningkatkan nutrisi pangan

5. Bidang Telekomunikasi

– Mempermudah jaringan komunikasi

– Memberikan informasi terhadap publik

– Mendidik dan menghibur masyarakat

6. Bidang Lingkungan

– Mengurangi jumlah limbah

– Menjaga pemakaian sumber daya alam dengan baik

– Mengurangi biaya produksi

– Menurunkan risiko kondisi tubuh kurang sehat

7. Bidang Transportasi

– Meningkatkan keselamatan bertransportasi

– Meningkatkan produktifitas pengguna

– Meningkatkan efisiensi dalam sistem transportasi

– Meningkatkan aksebilitas transportasi

Jenis- Jenis Teknologi

Perkembangan dapat dilihat dari aneka inovasi teknologi yang ada saat ini. Kemajuan teknologi menyentuh berbagai macam sektor, mulai dari :

1. Teknologi Ekonomi

Kemajuan teknologi di bidang ekonomi ini berupa perkembangan sistem keuangan yang digunakan. Jika dahulu orang melakukan bertransaksi secara real atau nyata, atau berhadapan antara pembeli dengan penjual, maka kini beralih menjadi online. Selain itu, sistem keuangan juga jadi berubah menjadi e-money.

2. Teknologi Pangan

Sistem pertanian yang ada saat ini tentunya berbeda dengan sistem pertanian pada zaman dahulu, mulai dari bibir, sistem tanam, serta teknik menanamnya.

3. Teknologi Informasi

Kemajuan informasi ini ditandai dengan mudahnya masyarakat dalam memperoleh atau mendapatkan informasi melalui Internet dengan berbagai perangkat teknologi yang ada.

4. Teknologi Komunikasi

Kemajuan komunikasi ini ditandai dengan mudahnya seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain, walau dengan jarak yang cukup jauh.

5. Teknologi Transportasi

Salah satu kemajuan dalam bidang transportasi ini adalah adanya berbagai macam alat transportasi modern, yang mempermudah seseorang untuk mengangkut barang atau bepergian dari 1 temat ke tempat lain dengan mudah.

6. Teknologi Medis

Salah satu kemajuan dalam dunia medis ini adalah ditemukannya berbagai macam vaksin guna mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

7. Teknologi Pendidikan

Adapun teknologi yang turut berkembang dalam dunia pendidikan adalah, berkembangnya sistem pendidikan jadi lebih baik, tenaga pendidik serta murid mudah memahami berbagai pelajaran yang diberikan, dll.

Tujuan Teknologi

1. Untuk mempertahankan kehidupan bukan untuk menghilangkan/ menghancurkan kehidupan

2. Untuk perdamaian bukan untuk permusuhan

3. Untuk mempermudah kerja manusia

4. Untuk mempercedas manusia

Contoh Teknologi Terbaru di Dunia

Nah, saat ini ada berbagai macam produk kemajuan teknologi seperti laptop dan internet. Dengan internet, banyak pekerjaan manusia yang terbantu seperti komunikasi, pembelian barang, hingga pemesanan makanan.

Demikian ulasan mengenai teknologi, manfaat, tujuan hingga contoh-contohnya. Semoga menambah wawasan Anda. (Nur Fatimah)