Pengertian Tabungan, Jenis, Bunga dan Bedanya dengan Investasi

Pelayananpublik.id- Tabungan secara sederhana artinya harta yang disimpan untuk penggunaan di kemudian hari. Tabungan seringkali berguna di saat genting dan keperluan mendadak.

Selain itu tabungan juga diperuntukkan untuk rencana jangka panjang. Membangun rumah masa depan atau pendidikan anak misalnya.

Maka banyak orang yang menabung uangnya dan tidak begitu saja menghabiskan untuk kesenangan sesaat.

Pengertian tabungan sendiri menurut Undang-undang Perbankan Nomor 10 Tahun 1998 adalah simpanan yang penarikannya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik  dengan cek, bilyet giro/atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.

Cara Penarikan Tabungan

Syarat – syarat penarikan tertentu maksudnya adalah sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat antara bank dengan si penabung.

Nah, saat ini sudah banyak cara untuk menarik tabungan dari rekening Anda. Alat ini dapat digunakan sendiri atau secara bersamaan. Alat yang digunakan untuk menarik tabungan saat ini adalah sebagai berikut.

1. Buku tabungan

Buku tabungan dipegang nasabah, dimana berisi catatan saldo tabungan, penarikan, penyetoran dan pembebanan-pembebanan yang mungkin terjadi. Buku ini digunakan pada saat penarikan sehingga langsung dapat mengurangi saldo yang ada dibuku tabungan tersebut.

2. Slip penarikan

Adapun slip penarikan tunai ini merupakan formulir penarikan dimana nasabah cukup menulis nama, nomor rekening, jumlah uang serta tanda tangan nasabah untuk menarik sejumlah uang. Slip ini biasanya digunakan bersamaan dengan buku tabungan.

3. Kwitansi

Alat lain untuk menarik tabungan adalah kwitansi yang merupakan bukti yang dikeluarkan oleh bank yang fungsinya sama dengan slip penarikan,dimana tertulis nama penarik, nomor penarik, jumlah uang, dan tanda tangan penarik. Alat ini juga dapat digunakan secara bersamaan dengan tabungan.

4. Kartu Debet/Kredit

Yaitu sejenis kartu kredit yang terbuat dari plastik yang dapat digunakan untuk menarik sejumlah uang dari tabungannya, baik bank maupun di mesin Automated Teller machine (ATM). Mesin ATM ini biasanya tersebar ditempat tempat yang strategis.

5. Barcode di Smartphone

Nah, di zaman yang semakin canggih ini, menarik tabungan sudah sangat gampang dilakukan. Cara gampang tapi juga aman adalah lewat smartphone Anda.

Nah dengan cara ini, Anda tidak perlu takut kehabisan uang cash pada saat Anda lupa membawa dompet. Anda tinggal menggunakan smartphone dan melakukan scan barcode di ATM lalu uang Anda akan keluar. Hebat kan?

Namun, cara ini belum bisa digunakan di semua mesin ATM dan semua bank.

Jenis Tabungan

Nah, budaya menabung sudah ada sejak zaman dahulu meski dulu harta tidak ditabungkan ke bank.

Dalam praktik perbankan di Indonesia dewasa ini terdapat beberapa jenis tabungan, perbedaan jenis tabungan ini hanya terletak pada fasilitas yang diberikan kepada si penabung.

Nah semakin hari, jenis tabungan pun semakin banyak. Apa saja?

1. Tabanas

Ada beberapa jenis berbentuk tabanas seperti Tabanas umum, pelajar, pramuka dan lainnya.

2. Tabungan lainnya

Yaitu tabungan selain tabanas dan taska. Tabungan ini dikeluarkan oleh masing masing bank dengan ketentuan yang diatur oleh BI

Hal lainnya yang dapat diatur oleh bank penyelenggara dan sesuai dengan ketentuan BI. Pengaturan sendiri oleh masing masing bank agar tabungan dibuat semenarik mungkin sehingga nasabah bank tertarik untuk menabung di bank yang mereka inginkan.

Istilah Lain Terkait Tabungan

Dalam melakukan penabungan uang dalam bank, mungkin ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain itu ada istilah-istilah lain yang biasa kita dengar terkait tabungan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Bank penyelenggara

Setiap bank dapat menyelenggarakan tabungan, baik bank pemerintah maupun bank swasta, dan semua bank umum serta bank perkreditan rakyat.

2. Persyaratan Penabung

Untuk syarat syarat menabung, seperti prosedur prosedur yang harus dipenuhi seperti, jumlah setoran umum penabung, maupun kelengkapan dokumen tergantung bank yang bersangkutan.

3. Jumlah Uang yang Disetorkan

Maksudnya adalah sejumlah uang baik untuk setoran minimal waktu pertama sekali menabung maupun setoran selanjutnya serta jumlah minimal yang harus tersedia di buku tabungan tersebut, juga diserahkan kepada bank penyelenggara.

4. Syarat Pengambilan tabungan.

Merupakan jumlah maksimal yang harus ditarik. Yaitu tidak melebihi saldo minimal dan frekuensi penarikan  setiap harinya, apakah setiap saat atau setiap hari tergantung bank yang bersangkutan.

5. Bunga dan insentif

Besarnya bunga tabungan dan cara perhitungan bunga didasarkan apakah harian, saldo rata-rata atau saldo terendah diserahkan sepenuhnya kepada bank penyelenggara. Begitu pula dengan insentif, baik berupa hadiah, cendramata dan lain sebagainya dengan tujuan untuk menarik nasabah agar menabung

6. Tutup Buku

Syarat-syarat untuk ditutupnya tabungan oleh bank dilakukan oleh nasabah sendiri atau ditutup oleh bank karena alasan tertentu. Sebagai contoh nasabah sudah tidak aktif lagi melakukan transaksi selama tiga bulan.

Beda Tabungan dengan Investasi

Tabungan berarti menyimpan harta, lalu apa itu investasi? Apakah investasi sama saja dengan menabung? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Pergeseran pola menabung dari zaman dahulu hingga sekarang telah membantu mengembangkan bisnis perbankan. Saat ini, tabungan menjadi produk yang paling populer di masyarakat, dibandingkan deposito dan giro karena beberapa faktor. Diantaranya adalah persyaratan yang relatif mudah, fasilitas yang ditawarkan bank cukup menarik, seperti: kemudahan transaksi, asuransi dan program berhadiah.

Begitupun tingkat bunga tabungan tergolong rendah dan “tidak termakan” dibanding bunga deposito dan giro.

Nah, investasi berbeda lagi dengan tabungan. Investasi lebih ke arah peningkatan aset dalam bentuk imbal balik dari dana yang kita investasikan. Beberapa karakteristik investasi bisa kita lihat berikut ini:

– Untuk kepentingan jangka panjang, sehingga tidak dapat digunakan untuk kepentingan mendadak atau jaga-jaga
Pertumbuhan atau penambahan nilai aset lebih cepat

– Lebih berisiko, namun dapat memberikan banyak uang.

Jadi, menabung dan investasi bagus mana itu tergantung tujuan keuangan anda. Menabung dilakukan untuk berjaga-jaga dari masalah keuangan yang akan menimpa suatu saat. Anda hampir tidak memiliki risiko kehilangan dana dari menabung. Menabung lebih aman dibanding berinvestasi.

Demikian ulasan mengenai tabungan, pengertian hingga jenisnya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)