Menko Luhut Sebut Penyebab Mati Lampu Separuh Jawa Masih Misteri

Pelayananpublik.id- Peristiwa mati lampu massal yang menggulitakan separuh Jawa masih menjadi buah bibir warga Indonesia.

Terlebih hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab padamnya listrik secara tiba-tiba tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan juga mengatakan hingga saat ini PLN masih terus melakukan investigasi terkait penyebab mati lampu itu.

Ia pun masih penasaran apakah penyebabnya hanya pohon sengon atau ada sebab lain.

“Sekarang kan sedang diaudit semua, dilihat apa salahnya. Apakah ada kesalahan teknis apakah hanya kesalahan Pohon Sengon itu, atau yang lainnya,” katanya dikutip dari Liputan 6, Rabu (14/8).

Luhut mengatakan proses investigasi masih terus berlangsung. Penyebab insiden tersebut pun masih belum dapat dipastikan.

“Saya kira sih ini Bu Inten (Plt Dirut PLN) menanganinya cepat kok,” ujar dia.

Saat ini, lanjut dia, selain PLN dan Ombudsman, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) juga disertakan untuk melakukan mengaudit listrik padam tersebut.

Sebelumnya, seminggu usai mati lampu massa di separuh Pulau Jawa, Pihak PT PLN (Persero) menyebut masih dalam tahap investigasi. Pihak PLN mengungkap telah memilih pakar dari tujuh Perguruan Tinggi (PT) dalam proses ini.

Begitupun, pakar dari tujuh PT yang tergabung dalam tim assessment independen itu belum menemukan penyebab secara signifikan. (Nur Fatimah)

Sumber: Liputan 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *