Pengertian Suku, Ciri-ciri, dan Contohnya

Pelayananpublik.id- Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa. Bahkan dalam suatu daerah bisa ditempati beberapa suku sekaligus.

Keberagaman suku juga menjadi keunikan tersendiri bagi negara Indonesia. Karena ternyata dengan banyaknya suku di Indonesia justru tidak ada peperangan dan permusuhan yang terjadi.

Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air menurut sensus BPS tahun 2010.

Suku Jawa adalah kelompok terbesar di Indonesia dengan jumlah yang mencapai 41% dari total populasi. Sedangkan di Kalimantan dan Papua memiliki populasi kecil yang hanya beranggotakan ratusan orang.

Pembagian kelompok suku di Indonesia tidak mutlak dan tidak jelas, hal ini akibat dari perpindahan penduduk, pencampuran budaya, dan saling mempengaruhi.

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai suku, mulai dari pengertian secara umum, menurut ahli, ciri hingga macam suku.

Pengertian Suku

Suku secara umum berarti suatu kelompok sosial yang ada disuatu daerah dengan ciri tertentu.
Suku merupakan kelompok golongan sosial yang terdapat di kalangan masyarakat yang digunakan untuk membedakan suatu golongan yang satu dengan golongan lainnya.

Biasanya tiap-tiap suku ini memiliki ciri khas tersendiri. Suku juga dapat diartikan sebagai suatu golongan manusia yang terikat dengan tata kebudayaan masyarakat tertentu.

Pengertian Suku Menurut Para Ahli

1. Frederick Barth

Frederick Barth menyebut suku merupakan himpunan manusia yang memiliki atau mempunyai kesamaan dari segi ras, agama, asal-usul bangsa, juga sama-sama terikat didalam nilai kebudayaan tertentu.

2. Hasan Shadily MA

Sedangkan menurut Hasan Shadily suku adalah sekumpulan orang yang dianggap mempunyai atau memiliki hubungan biologis.

3. Koentjaraningrat

Koentjaraningrat berpendapat suku merupakan sekelompok manusia yang menyatu dengan budaya setempat itu dengan secara sadar, serta biasanya berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang sama.

Ciri-ciri Suku

Nah, merujuk pada pengertian suku dari berbagai pendapat ahli di atas, ada beberapa ciri khusus sebuah suku. Ciri-ciri suku ialah:

1. Ciri Fisik

Satu suku dengan suku lain mempunyai perbedaan dari tampilan fisiknya.
Perbedaan dari ciri fisik ini ialah ciri pertama yang membedakan suatu suku dengan suku lainnya.

Tiap-tiap suku itu biasanya mempunyai ciri fisik tersendiri yang membedakannya dengan suku lain. Contohnya
Suku Nias berbeda fisik dengan Suku Papua.
Suku Nias didominasi kulit putih, hidung kecil, mata hitam dan sipit sedangkan suku Papua berkulit hitam, bermata besar dan rambut keriting.

2. Perbedaan bahasa

Tiap-tiap suku itu mempunyai cara bahasa tersendiri, baik itu bahasa nasional atau juga bahasa adat.

Tidak hanya itu saja, masing-masing dari suku itu biasanya juga mempunyai cara penyampain (logat) bahasa tersendiri.

Oleh sebab itulah, kita dapat mengetahui suku seseorang itu dari cara penyampain atau logat yang ia pakai pada saat berbicara.

3. Perbedaan Kebudayaan

Satu lagi perbedaan yang menjadi ciri khas suku. Yakni perbedaan kebudayaan.

Tiap-tiap suku juga mempunayai kebudayaan tersendiri yang menjadi salah satu ciri khas dari masing-masing suku. Di suku Batak laki-laki berada lebih dominan daripada wanita. Laki-laki meminang wanita dan akan membawa wanita itu tinggal di rumah ibunya.

Berbeda dengan kebudayaan Minang yang didominasi kekuatan wanita.
Dalam adat Minang, laki-lakilah yang dipinang bukan meminang. Laki-laki juga akan tinggal di rumah istri ketika sudah menikah.

4. Memiliki wilayah domisili

Kalau untuk Indonesia sekarang ini mungkin sudah banyak tiap suku itu menyebarkan ditiap-tiap daerah, Namun tetap tiap-tiap suku itu memiliki wilayah domisili tersendiri.

Contohnya seperti suku Batak yang berdomisili di pulau Sumatera, suku Toraja yang berdomisili di Sulawesi, dan lain sebagai.

Suku-suku di Indonesia

Indonesia merupakan salahsatu negara dengan jumlah suku dan bahasa terbanyak di dunia.
Berdasarkan data BPS tahun 2010 ada 1.340 suku bangsa di Tanah Air. Namun di antara ribuan suku tersebut ada beberapa suku besar dengan jumlah popasi terbanyaj di Indonesia. Siapa saja mereka?

1. Suku Jawa

Suku jawa adalah suku terbesar yang ada di Indonesia yang mana berasal dari kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur. dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain berada di kawasan tersebut ada pula suku Jawa lainnya yang tinggal di Suriname Amerika Selatan, hal ini berkaitan dengan masa kolonial belanda pada jaman dahulu yang kemudian membawa suku tersebut sebagai para pekerja di sana. Karena itulah suku Jawa tersebut dikenal sebagai Jawa Suriname.

2. Suku Sunda

Selain Jawa, Suku Sunda dikenal sebagai suku terbesar kedua yang ada di Indonesia setelah suku Jawa. Kelompok masyarakat suku Sunda terdapat di Jawa Barat.

Suku Sunda juga dikenal dengan alat musik yang dimilikinya yang dikenal dengan nama angklung. Selain itu, ada pula alat musik unik lainnya yang dimiliki oleh Suku Sunda yang disebut sebagai Karinding.

3. Suku Madura

Suku besar yang memiliki populasi yang banyak adalah Suku Madura.
Hal ini terlihat melalui jumlah masyarakat yang dimilikinya yang mana berkisar pada jumlah 20.179.356 juta jiwa.

Data tersebut berdasarkan pada hasil sensus yang dilakukan pada tahun 2014 lalu, yang tentunya akan terus meningkat hingga 4 tahun terakhir.

4. Suku Batak

Suku batak adalah salah satu suku yang berasal dari kawasan Sumatera Utara lebih tepatnya dari Batak Karo, Batak Fakfak, Batak Simalungan, Batak Toba, batak Angkola, Nias, Melayu, Batak Mandailing, serta Maya-maya.

Suku batak dikenal sebagai tema kolektif yang mengidentifikasikan beberapa suku bangsa lain yang bermukim serta berasal dari Tapanuli, Sumatera Utara.

Beberapa suku bangsa yang termasuk atau dikategorikan sebagai batak adalah Batak Karo, Batak Toba, Batak Simalungan, Batak Pakpak, Batak Angkola, serta Batak Mandailing.

5. Suku Betawi

Salahsatu suku besar di daerah DKI Jakarta adalan suku Betawi. Suku Betawi dikenal dengan boneka jumbo khas yang dimilikinya yang mana dikenal dengan nama ondel-ondel.
Suku Betawi mendominasi Jakarta pada setelah zaman penjajahan. NNamun seiring perkembangan zaman suku Betawi terpinggirkan.

6. Suku Minangkabau

Suku Minangkabau adalah suku yang tinggal di kawasan Provinsi Sumatra Barat selain dari pada suku lainnya, seperti halnya Melayu, Tanjung Kato, Mentawai, Panyali, Sikumbang, Caniago, atau pun Gusci. Suku Minangkabau sering pula disebut sebagai suku Minang yang mana memiliki sistem kekerabatan matrilineal.

7. Suku Bugis

Suku Bugis adalah suku bangsa yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, di kawasan tersebut juga terdapat beberapa suku lainnya, seperti halnya Suku Toraja, Suku Mandar, Suku Sa’dan.

Suku Bugis sendiri dikenal sebagai golongan dari suku Melayu Deutero, yang mana suku tersebut masuk ke Nusantara setelah terjadinya proses dari gelombang migrasi pertama yang terjadi di daratan Asia atau tetapnya di kawasan Yunan. Sedangkan kata Bugis sendiri berasal dari kata To Ugi yang memiliki arti orang Bugis.

8. Suku Melayu

Suku Melayu dikenal sebagai salah satu suku yang berada di kawasan Provinsi Bangka Belitung selain dari pada suku-suku lainnya, seperti halnya suku Jawa, Bugis, Sunda, Banten, Madura, Banjar, Minang, Palembang, Flores, Aceh, Manado, serta Maluku.

Sementara itu, suku Melayu sendiri memiliki nama yang berasal dari kerajaan Malaya yang mana kerajaan tersebut dikenal sebagai salah satu kerajaan di kawasan tersebut lebih tepatnya sekitar Sungai Batang Hari. Dalam perkembangannya, kerajaan tersebut takluk dan kemudian menjadi bawahan dari Kerajaan Sriwijaya.

9. Suku Banten

Suku lain yang memiliki populasi terbesar di Indonesia adalah Suku banten sebetulnya adalah bagian dari orang-orang suku sunda yang tinggal diwilayah bekas kesultanan Banten. Suku ini melingkupi 2,1% penduduk Nusantara dengan penduduk lebih dari 4 juta jiwa.

Orang dari suku Banten menggunakan bahasa Banten yang sebetulnya masih merupakan bagian dari bahasa Sunda, hanya saja secara tata bahasa bahasa sunda, bahasa Banten dikategorikan sebagai bahasa Sunda kasar.

Demikian ulasan mengenai suku, pengertian, jenis dan cirinya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *