Pengertian Sarana dan Prasarana, Fungsi Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Anda pasti sudah sering mendengar kata sarana dan prasarana. Jika mendengar kata itu tentu kita berfikir terkait bangunan dan fasilitas dalam bangunan tersebut.

Bagi kalian yang belum mengetahui maksud dari istilah sarana dan prasarana, simak penjelasan pengertian sarana dan prasarana berikut ini.

Pengertian Sarana dan Prasarana

Meski selalu bergandengan sarana dan prasarana memiliki arti dan fungsi berbeda.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dan bahan untuk mencapai maksud dan tujuan dari suatu proses produksi. Sementara prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya produksi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
KBBI menyatakan bahwa sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Dan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek).

Menurut Moenir (1992-119), mengatakan sarana adalah segala jenis peralatan, perlengkapan kerja dan fasilitas yang berfungsi sebagai alat utama atau pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan, dan juga dalam rangka kepentingan yang sedang berhubungan dengan organisasi kerja.

Dari pengertian sarana yg di katakan Moenir tersebut jelas memberi petunjuk sarana merupakan seperangkat alat yang digunakan dalam suatu proses kegiatan baik alat tersebut. Sementara prasarana adalah peralatan pembantu atau juga peralatan utama, dan kedua alat tersebut berfungsi untuk mewujudkan suatu tujuan yang ingin di capai.

Fungsi Sarana dan Prasarana

Fungsi sarana dan prasarana tentu berbeda berdasarkan ruang lingkup penggunaannya masing-masing. Misalnya, sarana dan prasarana transportasi berbeda dengan kesehatan.

Tetapi mempunyai suatu tujuan yang sama yaitu tujuan untuk mencapai hasil yang di harapkan sesuai dengan rencana. Berikut adalah fungsi utama sarana dan prasarana, yaitu :

– Dapat mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan sehingga mampu menghemat waktu.

– Serta meningkatkan produktivitas baik barang maupun jasa.

– Hasil kerja lebih berkualitas serta terjamin.

– Dapat lebih sederhana atau memudahkan dalam gerak para pengguna atau pelaku.

– Membuat ketetapan susunan stabilitas pekerja lebih terjamin.

– Dapat menimbulkan rasa kenyamanan bagi orang-orang yang berkepentingan.

– Dan menimbulkan rasa puas pada orang-orang yang berkepentingan yang mempergunakannya.

Contoh Sarana Dan Prasarana

Contoh sarana dan prasarana sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Jika ada fasilitas kesehatan pasti ada sarana dan prasarananya, jika ada sekolah pasti ada sarana dan prasarananya dan sebagainya.

Berikut beberapa contoh sarana dan prasarana yang ada di sekitar kita.

1. Sekolah

Sarana: Alat tulis, bahan peraga, alat praktikum, alat olahraga, komputer dan sebagainya.

Prasarana: Ruang kelas, ruang guru, lapangan olahraga, ruang praktek dan sebagainya.

2. Rumah Sakit

Sarana: alat-alat operasi, alat kesehatan, obat-obatan, ambulance dan sebagainya.

Prasarana: Gedung rumah sakit

3. Kantor

Sarana: Seperangkat peralatan mesin seperti komputer, mesin foto copy, printer, scaner, proyektor, mesin ketik, dan lain-lain. meja, kursi, dan papan tulis.

Prasarana: gedung kantor, gudang dan sebagainya.

4. Hotel

Sarana: tempat tidur, lemari, peralatan mandi, peralatan spa, bus pariwisata

Prasarana: Gedung Lobi, kamar hotel, kolam renang, penerangan, lapangan golf dan sebagainya.

Demikian ulasan mengenai pengertian sarana prasarana, fungsi hingga contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)