Bikin Lomba Meme ‘Gombal’, Kemendikbud Dihujat Netizen

Pelayanpublik.id- Kemendikbud RI baru-baru ini menggelar lomba membuat meme untuk kalangan pelajar. Lomba meme itu bertemakanan “Gombalindonesia” banyak diikuti para pelajar.

Alih-alih kekinian, akun Kemendikbud justru banjir hujatan. Pasalnya, Kemendikbud dinilai tak layak membuat lomba yang kurang mendidik seperti itu apalagi temanya cinta-cintaan.

Menurut netizen, masih banyak lagi lomba lain yang layak dibuat daripada meme yang juga sudah ketinggalan zaman.

Komentar pun membanjiri postingan para juara meme yang diposting di akun Facebook Kemendikbud, Rabu (30/7).

Komentar Para Netizen yang Menghujat Kemendikbud

Hingga berita ini dibuat, sudah sebanyak 1.400-an komentar yang dikirim netizen ke postingan Kemendikbud tersebut.

Salahsatu komentar datang dari Riana Wulansari yang juga kecewa dengan lomba buatan Kemendikbud ini.

“Apa tidak ada lomba yang lebih ilmiah dan mendidik? Atau lomba ini memang cerminan dari pembuat lomba? Jangan teriak-teriak bobroknya mental generasi muda. Anda sendiri yang mendorong mereka ke gerbang kehancuran,” katanya.

“Kenapa gak bikin lomba paper ilmiah, web develop, aplikasi android, proposal penelitian, animasi sederhana, video dokumenter masalah masyarakat, lomba fotografi. Itu semua bisa dilakukan anak SMA zaman now dan cocok dilombakan,” kata Dadan Ramdani.

“Sekelas menteri bikin lomba beginian? Ini teh beneran? Serius?” Sambung Yoni Dyah.

“Literasi: kemampuan membaca dan menulis, pengetahuan tentang subjek tertentu. (Terjemahan dari Cambridge Dictionary). Dan disini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerjemahkan Festival Literasi menjadi lomba meme yang saya tidak paham dimana keunggulannya” sahut Widiatnala Bambang.

Postingan Lomba Meme Paling Banyak Interaksi

Postingan terkait pengumuman hasil lomba tersebut mendapat paling banyak interaksi dibandingkan postingan lainnya di fanpage facebook @Kemendikbud.RI.

Sampai kini sebanyak 1434 komentar dan 1691 kali dibagikan para netizen. Komentar kritikan yang paling banyak muncul di fanpage tersebut.

#SahabatDikbud , ini hasil Lomba Cipta Meme dalam Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 jenjang SMA. 😊👍

Bidang lomba cipta meme pertama kali diperlombakan di FLS, loh! Tema yang diangkat adalah “Gombalindonesian”,” tulis admin yang mengelola fanpage tersebut.

Sebelumnya, Kemendikbud menghelat Lomba Cipta Meme menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 untuk jenjang SMA.

Tema yang diangkat Lomba Cipta Meme tersebut adalah “Gombalindonesian”. Interprestasi terhadap kata ini menjadi tantangan tersendiri untuk menguji kreativitas peserta untuk melahirkan meme yang orisinal.

Juri FLS 2019 bidang Lomba Cipta Meme, Alvanov Zpalanzani mengatakan, kata ‘Gombalindonesian’ sebenarnya bisa dipecah ke dalam beberapa frase dan maknanya tergantung masing-masing menerjemahkan seperti apa.

“Gombal Indonesian yang bisa diartikan orang Indonesia yang gombal, atau juga gombalin Indonesian yang artinya menggombali orang Indonesia. Interprestasinya bisa luas dan ini kembali bagaimana anak-anak mengaitkannya ke tema besarnya yaitu Indonesia romanis,” kata Alvanov di sela Lomba Cipta Meme FLS 2019 di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/7/2019).

Menurut dia, maksud pemilihan tema itu agar tidak kaku dan bisa membuat peserta menjadi kurang fleksibel untuk berpikir atau mencari ide.

“Kita mencoba mencari tema-tema yang dekat, yang bisa mereka ucapkan, jadi kita berpikir bagaimana mereka agar tidak terbebani dengan tema,” tuturnya.

Adapun peserta Lomba Cipta Meme sebanyak 25 orang yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.