Mulai September, PT KAI Mewajibkan Registrasi Pengguna Tarif Reduksi

Pelayananpublik.id- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero kini menerapkan kebijakan baru bagi penumpang yang ingin mendapatkan tarif reduksi.

Kebijakan baru itu adalah kewajiban registrasi saat akan membeli tiket. Dan akan berlaku untuk keberangkatan mulai 1 September 2019.

Saat ini registrasi dapat dilakukan mulai 1 Agustus di Customer Service stasiun-stasiun. Bila stasiun-stasiun tanpa CS, dapat registrasi di loket-loket stasiun yang melayani perjalanan jarak jauh.

Syarat registrasi adalah membawa bukti identitas diri yang masih berlaku, misalnya wartawan. Maka ia harus registrasi dengan membawa KTP, Kartu Pers dan surat tugas dari kantornya.

Hal itu dikatakan Manajer Humas KAI Daop 6, Eko Budiyanto, dikutip dari Republika, Senin (29/7).

“Syaratnya, calon penumpang harus membawa bukti identitas asli atas hak reduksi yang masih berlaku,” katanya.

Ia menambahkan, registrasi dapat diwakilkan dengan syarat tambahan yaitu membawa pas foto terbaru penumpang yang akan didaftarkan. Registrasi dilakukan paling lambat tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Registrasi ini hanya dilakukan sekali saja karena sistem akan menyimpan data tersebut. Jika masa reduksi sudah habis, dan menginginkan hak reduksi kembali, wajib registrasi ulang.

Siapa yang Mendapat Tarif Reduksi

Adapun orang yang berhak mendapatkan tarif reduksi adalah seperti anggota TNI, Polri, LVRI, lansia dan wartawan. Berikut rinciannya.

– TNI dan Polri Potongannya berlaku setiap hari dengan rincian: potongan 25% untuk kelas eksekutif dan 50% untuk kelas ekonomi dan bisnis.

– Veteran mendapat besar potongan sebesar 50% untuk semua kelas pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis, kecuali hari besar atau hari libur nasional.
Sementara itu untuk hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin, besar potongan sebesar 30%, kecuali hari besar atau hari libur nasional.

– Wartawan mendapat 20 persen kelas ekonomi dan bisnis, berlaku setiap hari.

-Lansia di atas 60 tahun diskon 20 persen semua kelas dan berlaku setiap hari.

Tarif reduksi ini sendiri tidak dapat digabung dengan promo lain dan tidak berlaku untuk kereta api jarak dekat.

Anda juga tidak bisa memperoleh tiket reduksi melalui pembelian online, sebab tiket promo ini hanya bisa dibeli melalui pembelian di loket stasiun. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.