Golkar Sumut Akan Usung Kader Murni di Pilkada 2020

Pelayananpublik.id- Partai Golkar bertekad mempersiapkan kader murni untuk maju sebagai calon kepala daerah (Cakada) di 23 kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

Hal itu tertuang dalam Rapat Pleno Partai Golkar Sumut, Jumat (26/7/2019) sore di Kantor Jl Wahid Hasyim Medan. Rapat dipimpin langsung Plt Ketua Golkar Sumut Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

“Kader murni Partai Golkar harus maju (Pilkada serentak di 23 kab/kota se-Sumut). Apakah calon bupati, wakil bupati, walikota atau wakil walikota. Minimal jadi nomor 2 lah ,” tegas Doli usai mengetok palu sidang.

hari jadi pelayanan publik

Hadir dalam rapat itu Ketua Harian Golkar Sumut Yasir Ridho Lubis, Ketua Korbid Kepartaian Amas Muda Siregar, Sekretaris Riza Fakhrumi Tahir, Bendahara Victor Silaen dan Wakil Ketua Bidang Organisasi Sangkot Sirait, serta dihadiri seluruh pengurus DPD Golkar Sumut.

Dijelaskan Doli, yang dimaksud kader murni adalah seseorang yang dibesarkan dan berproses dalam dinamika Partai Golkar.

Di tempat yang sama, Ketua Korbid Pemenangan Pemilu Golkar Sumut H Wagirin Arman menegaskan bagi kabupaten/kota yang perolehan kursi DPRD kabupaten/kota Partai Golkar sebagai pemenang, kader didorong maju sebagai calon kepala daerah.

Sedangkan bagi yang perolehannya relatif kecil didorong dan ditarget maju sebagai calon wakil kepala daerah.

Wagirin yang juga Ketua DPRD Sumut itu mencontohkan Kota Medan. Golkar Sumut memasang target dan mempersiapkan kader murni minimal sebagai calon wakil walikota.

“Golkar di DPRD Medan meraih 4 kursi. Untuk bisa mengusung calon maka diperlukan 10 kursi. Bila ada Calon Walikota Medan yang sudah didukung partai atau koalisi partai dengan jumlah kursi 6 atau lebih maka Partai Golkar
siap berkomunikasi dan diajak untuk berkoalisi di Kota Medan dengan mengajukan kader murni calon wakil walikota,” kata Wagirin.

Disinggung sosok kader murni untuk ditargetkan sebagai calon wakil walikota Medan, Wagirin menyebut pihaknya sudah mendata 12 orang.

“Mengenai orangnya, kita sudah data ada 12 orang, silakan pilih, salah satu kader murni tersebut ada Saudara Rolel Harahap,” ungkap Wagirin.

Pleno juga membahas evaluasi Pemilu 2019, Konsolidasi partai menyongsong Pilkada 2020 dan sikap Partai Golkar Sumut menghadapi Munas Partai Golkar.

Terpisah, wartawan mencoba mengomfirmasi Rolel Harahap yang namanya digadang-gadang Partai Golkar di Pilkada Medan 2020.

“Iya, mengenai Pilkada Medan memang terungkap dalam Pleno Jumat 26 Juli 2019. Tapi kan kader murni yang didata banyak, biar saja berproses. Kalau kita yang dipilih dan ditugaskan, harus siap dong,” tegas Rolel yang pernah memimpin KNPI Sumut tersebut.

Seperti diketahui, Rolel Harahap tercatat pernah menjadi Wakil Walikota Tanjungbalai mendampingi Walikota Dr H Thamrin Munthe, Mhum pada periode 2011-2016. (*)