Panduan Lengkap Mendaftarkan Kafe dan Restoran ke Grabfood

Pelayananpublik.id– Selain layanan ojek online, kini jasa antar makanan pun menjadi idola di tengah masyarakat. Masyarakat zaman now yang ingin serba praktis dan ogah ribet sangat menyenangi layanan-layanan seperti itu.

Nah, yang sedang tren saat ini adalah jasa antar makanan melalui ojek online. Keuntungannya, dengan aplikasi ini para penjual makanan pun akan lebih untung karena yang membeli makanannya bisa dari mana saja.

Karenanya, bisnis makanan bekerjasama dengan perusahaan transportasi online juga membuka peluang bagus bagi pebisnis.

Salahsatu aplikasi yang saat ini sedang naik daun adalah Grabfood. Dalam aplikasi ini para pebisnis makanan akan menjadi mitra Grab dalam menjual makanannya. Cara mendaftarnya juga mudah. Tinggal melakukan beberapa langkah, usaha Anda akan langsung terpajang dalam aplikasi Grabfood.

Langkah 1

Kunjungi laman atau website Grab/Grabfood karena mendaftar Grabfood tidak ada dalam aplikasi.

Jika sudah, klik menu ‘Layanan’ yang terdapat di samping logo Grab bagian atas. Pilih ‘Grabfood’
Kemudian ‘Klik di sini!’ pada banner untuk bergaubung sebagai Grabfood Merchant

Langkah 2

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran Grabfood. Anda akan diminta mengisi identitas diri, seperti nama, email, nomor telepon dan lainnya.

Langkah 3

Langkah berikutnya Grab mengarahkan Anda untuk mengecek email masuk yang tadi sudah didaftakan pada formulir sebelumnya. Setelah pesan dari Grab sudah dibuka, kemudian klik ‘Registrasi Restoran di GrabFood’

Langkah 4

Tahap selanjutnya Anda akan diarahkan langsung ke laman bantuan Grab Food atau help grab.

Di halaman tersebut Anda akan menemukan ragam pertanyaan seputar Grabfood termasuk cara mendaftar Grabfood.

Temukan kalimat ‘Saya tertarik bergabung dengan Grabfood’ dan klik kalimat tersebut,

– Klik ‘Detail seputar pengisian formulir’

Langkah 5

Isi formulir kembali. Pada bagian bawah kamu akan menemukan sebuah formulir yang perlu kamu isi kembali dengan lengkap. Isilah data tersebut sesuai dengan identitas pribadi dan identitas restoranmu.

Mulai dari data umum yang berisikan nama pribadi, no.hp dan restoran, email, nama restoran hingga unggah foto logo restoran, makanan, daftar menu dan restoran.

Bila dalam pengisiannya kamu dilanda rasa bingung atau ada kolom yang tidak dimengerti, silahkan klik ‘Tips mengisi formulir’ berwarna biru pada bagian atas formulir tersebut.

Langkah 6

Setelah selesai klik tanda “panah hijau” di bagian bawah kemudian atur jadwal buka/tutup Restoran. Klik panah hijau lagi. Kemudian isi menu di warung atau restoranmu kalau bisa dengan deskripsi makanannya. Setelah semua selesai klik “Kirim”.

Pengecekan Data oleh Pihak GrabFood
Pihak Grabfood akan melakukan pemeriksaan formulir pendaftaran yang kamu kirim. Jika diterima maka kamu akan mendapatkan email atau SMS dari Grabfood yang menandakan lokasi restoranmu sudah aktif.

Setelah itu kamu akan melakukan perjanjian partnership dengan Grabfood dan untuk langkah selanjutnya akan dipandu langsung oleh pihak Grab.

Sistem Bagi Hasil Grabfood

Grabfood memiliki sistem profit sharing yang dibebankan kepada restoran sebesar 30% sesuai pesanan yang masuk. Sekian persen tersebut tidak termasuk PPN. Jadi jika dalam satu hari pemasukan restoranmu masuk sebesar Rp500.000, maka pihak Grab berhak menerima Rp150.000. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.