Jamin Pasokan Gas, PGN Teken MoU dengan Talisman Sakakemang

Pelayananpublik.id- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus berupaya memperluas jaringan gas kepada masyarakat Indonesia. Untuk itu, keberlangsungan pasokan gas pun harus terjamin agar tidak ada keluhan dari penggunanya.

Karena itu, PGN kini menjalin kerjasama dengan Talisman Sakakemang B.V. afiliasi dari Repsol Group (TBSV.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) Penjualan dan Pembelian Gas Bumi untuk pasokan gas yang berasal dari Wilayah Kerja Sakakemang.

Penandatanganan MoU dilakukan antara Direktur Komersial PGN Danny Praditya dan Vice President TBSV Gregory Holman disaksikan oleh Syarif Maulana dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) di Jakarta, pada Jumat, 12 Juli 2019.

Direktur Komersial PGN Danny Praditya mengatakan penandatanganan MoU ini juga sekaligus menjadi bentuk dukungan dan komitmen Kementerian ESDM dan SKK Migas serta industri hulu kepada PGN untuk terus memperluas pemanfaatan gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan.

Selain itu, kata dia, kerjasama ini juga merupakan bentuk sinergi antara industri hulu dalam melakukan pengembangan lapangan dengan industri hilir dalam melakukan pembangunan infrastruktur.

“Mengenai besaran pasokan gas bumi, kalau berdasarkan indikasi kebutuhan gas PGN sekitar 400-500 BBTUD dan ramp up mulai tahun 2020/2021” ujar Danny.

Danny juga mengatakan, pasokan gas bumi dari Wilayah Kerja Sakakemang ini nantinya diharapkan dapat digunakan oleh PGN untuk melayani kebutuhan sektor industri baik skala besar maupun kecil, kelistrikan, komersial, dan rumah tangga.

PGN akan semakin agresif membangun infrastruktur gas bumi nasional untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas nasional. Pada 2018, infrastruktur pipa gas PGN bertambah sepanjang lebih dari 2.456 km dan saat ini mencapai lebih dari 9.909 km atau setara dengan 95% dari jaringan pipa gas bumi hilir nasional.

Dari infrastruktur tersebut, PGN telah menyalurkan gas bumi ke 1.739 pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, 1.984 pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta 177.710 pelanggan rumah tangga yang dibangun dengan investasi PGN.

Pelanggan Gas Bumi PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong, Papua Barat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *