KLHK Diminta untuk Tindak Tegas Pelaku Pembuangan Sampah ke Danau Toba

Pelayananpublik.id Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) diminta untuk mengusut dan menindak tegas pelaku pembuangan sampah ke Danau Toba, di Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun. Aksi tersebut, dilakukan dengan menggunakan truk berlogo pemerintah setempat.

Desakan itu, datang dari Ketua DPP Partai NasDem Martin Manurung. Desakan itu, untuk menyikapi kejadian yang sempat menjadi perbincangan di tengah masyarakat.

Martin sangat menyayangkan tindakan oknum yang mencoreng semangat pemerintah pusat dalam pengembangan Danau Toba. Dengan menggunakan mobil milik negara, menurutnya perbuatan tersebut dapat dikatakan kesengajaan yang sudah menjadi kebiasaan.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

“Kita akan minta langsung ke Ibu Menteri LHK (Siti Nurbaya Bakar) untuk segera mengusut pelaku dan memberikan sanksi kepada instansi atau pihak yang terlibat dalam pencemaran Danau Toba. Karena ini tindakan yang tidak benar,” tegas Martin, Kamis (4/7/2019).

Politikus muda berdarah yang merupakan Caleg DPR RI terpilih dari Dapil Sumut 2 ini juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga dan mengawasi kebersihan Danau Vulkanik terbesar di dunia. “Jangan takut merekam dan mempublikasi oknum-oknum perusak Danau Toba. Mari sama-sama kita jaga,” imbau Martin.

Sebelumnya, beredar video tentang pembuangan sampah ke pinggiran Danau Toba. Aktivitas itu, dilakukan dengan menggunakan truk sampah berlogo pemerintah daerah. Video tersebut jadi viral dan jadi perbincangan hangat di masyarakat.

Pembuangan seperti itu bukanlah kali pertama terjadi, melihat banyaknya sampah-sampah lama menumpuk di lokasi yang hanya berjarak beberapa meter dari bibir Danau Toba.

(B Kempo)