4 Kota yang Punya Taman Edukatif Keselamatan Transportasi Darat

Pelayananpublik.id- Dalam mengedukasi masyarakat tentang peraturan lalulintas, pemerintah menggunakan berbagai cara. Salahsatunya adalah dengan membuat Taman Edukatif Keselamatan Transportasi Darat.

Taman ini merupakan arena yang digunakan untuk belajar melalui permainan tentang tata cara berlalulintas yang baik dan benar.

Di taman ini, anak-anak bisa belajar rambu lalulintas dan tata cara berlalulintas yang baik. Sehingga pengetahuan berlalulintas yang baik dapat dipahami sejak masih usia dini.

Menurut Peraturan Dirjen Perhubungan Darat No. SK.3949/AJ.403/DRJD/2015 Pasal 10, menyebutkan kalau Taman Edukatif Keselamatan Transportasi Darat mencakup materi pembelajaran tentang cara atau budaya antri; cara menyusuri jalan; cara menyeberang jalan berupa zebracross, pelican crossing, simpang tanpa Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL), simpang dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL); cara berlalu lintas di ruas jalan; cara berlalu lintas di penyeberangan jalan; cara berlalu lintas di simpang dengan prioritas; cara berlalu lintas di bundaran; cara berlalu lintas di simpang yang memiliki Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL); cara berlalu lintas masuk dan keluar area bangunan publik; cara menyeberang rel kereta api; cara menuju dan meninggalkan tempat henti angkutan umum; dan cara menggunakan sarana transportasi sungai danau.

Namun sayangnya, di Indonesia hanya ada sedikit kota yang membuat Taman Edukatif Keselamatan Transportasi Darat ini. Berikut ada 4 kota di Indonesia yang sudah memiliki taman edukasi lalulintas.

Jakarta

Jakarta memiliki beberapa taman edukasi lalulintas yang ramah anak. Tiga taman edukasi itu ada di Tebet, Adventist Church Kebayoran dan RPTRA Kebon Pala.

Taman edukasi di Jakarta memiliki beberapa fasilitas seperti gambar rambu lalulintas, miniatur mobil dan jalan. Taman-taman ini ramai dikunjungi anak-anak terutama saat hari libur.

Bandung

Bandung merupakan kota dengan taman lalulintas termegah dan tercanggih loh. Diresmikan tahun 2017, Taman Edukasi Lalulintas ini tak pernah sepi dari pengunjung. Bagaimana tidak, taman itu dibuat semenarik dan secanggih mungkin.

Taman Lalu Lintas yang berlokasi di Jalan Belitung No.1 Bandung Jawa Baratt itu punya ragam keunggulan. Selain identik dengan fasilitas wahana edukasi berlalu lintas, taman seluas tiga hektar itu dilengkapi rekreasi kolam renang, ruang menonton, dan miniatur kota.

Yogyakarta

Kalau di Jogja namanya Taman Edukasi Lalulintas Giwangan. Alamatnya Jl. Imogiri Timur, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163

Taman ini dilengkapi delinator atau lampu yang dapat berkelap-kelip, yakni lampu yang berada di pembatas jalan. Di tikungan juga dipasang sebuah cermin cembung. Selain itu, ada miniature alat pemberi isyarat lampu lalu lintas.

Selain itu ada baliho atau papan yang berisi berbagai macam rambu-rambu lalu lintas dan tamanisasi.

Banjarmasin

Kota lain yang sudah punya taman edukasi keselamatan transportasi darat adalah Banjarmasin. Namanya Taman Edukasi Lalu Lintas Ananta Hira yang dikelola oleh Polres Banjarbaru, Taman yang beralamat di Antasan Besar, Banjarmasin Tengah, Kalimantan Selatan itu baru diresmikan 2018 lalu.

(Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.