Pengguna Usia Anak dan Remaja Meningkat, BNN Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

Pelayananpublik.id- Para orangtua kini mesti ekstra hati-hati dalam membina anak-anak mereka. Karena salah sedikit, bisa-bisa anak lari ke hal negatif seperti narkoba.

Faktanya saat ini pengguna narkoba kalangan anak dan remaja meningkat signifikan.

Untuk itu, perlu pembinaan dari keluarga terhadap anak agar mereka bisa membentengi diri sendiri dari pengaruh narkoba.

Badan Narkotika Nasional (BNN) bahkan tak henti-hentinya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memerangi narkoba.

Sebagai upaya pencegahan, BNN menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk membatasi masyarakat dalam mengakses konten yang berbau narkoba.

“Lembaga terkait misalnya dengan Menkominfo kita mengharapkan supaya bisa membatasi melihat konten yang terkait masalah narkoba, dengan NGO untuk bisa membatasi dengan melihat konten-konten terkait masalah narkoba ini,” kata Kepala BNN Komjen Heru Winarko, Rabu (26/6).

Sebelumnya, ia mengungkapkan hasil penelitian BNN menunjukkan, milenial atau generasi muda pengguna narkoba hanya sebesar 20 persen pada tahun lalu dan sekarang meningkat 24 persen hingga 28 persen.

Ia mengatakan meningkatnya pengguna narkoba dari kalangan remaja karena mereka mempunyai waktu cukup panjang dalam mengkonsumsi narkoba. Sehingga gembong narkoba mengincar usia demikian.

“Karena kalau milenial yang sudah mengunakan, maka rentan pengunaan akan panjang sehingga market mereka terjaga dan mereka enggak pusing lagi. Misalnya umur 15 tahun mengunakan narkoba sampai umur 40 tahun berapa jangka waktu mereka menggunakan narkoba,” sambungnya.

Ia pun mengungkapkan, para pengguna narkoba seiring waktu dosis penggunaannya akan bertambah.

“Mengunakan narkoba ada namanya imun. Jadi akan meningkat, yang tadi mungkin sebutir bisa fly, jadi nanti ditingkatkan 1 1/2 hingga 2 butir karena itu kebutuhan akan semakin meningkat. Ini yang kita khawatir mengenai narkoba,” ungkapnya. (Nur Fatimah)

Sumber: Berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *