E-KTP dan BPJS jadi Pelayanan Terlaris di Mal Pelayanan Publik Sidoarjo

Pelayananpublik.id – Pelayanan administrasi jadi pelayanan yang terlaris di Mal Pelayanan Publik Sidoarjo. Di antara yang terlaris adalah pembuatan E-KTP dan kartu BPJS.

Dari evaluasi yang dilakukan, saban hari ada sekitar 200 warga memanfaatkan layanan kependudukan di Mal Pelayanan Publik Sidoarjo. Rinciannya, ada 100 pelayanan administrasi kependudukan, serta 100 rekam dan cetak e-KTP.

Layanan kedua yang banyak diminati warga adalah BPJS kesehatan sebanyak 100 layanan

“Urutan ketiga adalah pelayanan perizinan, sebanyak 78 pengajuan,” kata Ari Suryono, pengelola Mal Pelayanan Publik Sidoarjo.

Layanan berikutnya yang banyak peminat adalah sim corner dan SKCK online dari Polresta Sidoarjo. Jumlahnya 70 pengurus.

“Sementara layanan-layanan lain rata-rata 10 pelayanan,” papar pria yang menjabat sebagai Kepala Dinas Perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sidoarjo.

Pihaknya memprediksi, jumlah warga yang memanfaatkan layanan di Mal Pelayanan Publik juga akan terus bertambah. Terutama Dispendukcapil dan pelayanan perizinan.

Alasannya, sejak pusat layanan publik ini dibuka, jumlah warga yang memanfaatkan terus bertambah. Meski pelayanan kependudukan yang dilayani di sana baru untuk enam kecamatan.

Apalagi, ketika nanti sudah semua layanan kependudukan dialihkan ke tempat itu. Termasuk seluruh pelayanan perizinan juga akan dipindahkan ke Mal Pelayanan Publik.

Dalam upayanya meningkatkan layanan di sana, pengelola bakal menambah beberapa loket. Terutama untuk layanan kependudukan Dispendukcapil Sidoarjo.

Menurut Kepala Dispendukcapil Medi Yulianto, evaluasi pelayanan kependudukan terus berjalan. Setiap hari petugas dimonitor, agar jika ada kendala bisa cepat diselesaikan.

Menurut dia, rencananya pada Maret nanti jumlah Kecamatan yang dilayani ditambah. Dari enam Kecamatan menjadi sembilan kecamatan. Tiga tambahan nanti adalah Porong, Waru, dan Candi.

(sumber : surya.id)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *