Belajar Pentingnya Demokrasi di Rumah Pintar Pemilu

Pelayananpublik.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mendirikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di seuruh daerah di Indonesia. Di RPP, KPU menyediakan berbagai informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu.

RPP menjadi bagian gerakan pemberantasan buta huruf Pemilu sehingga masyarakat sadar karena masyarakat cerdas akan berpartisipasi secara sadar.

Salah satu contoh kegiatan di RPP yakni kunjungan audiensi siswa SMP Siti Hajar sebanyak 65 orang beserta guru pendamping ke KPU Medan.

Kunjungan Mereka diteima oleh Komisoner KPU Kota Medan,  Edy Suhartono, Nana Miranti  beserta jajaran.

“Bagi KPU Medan, kunjungan siswa siswi ini merupakan pertanda positif keberadaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) sudah mulai dikenal dan diakui oleh warga masyarakat,”kata Edy kepada Pelayananpublik.id, Kamis (7/2/2018).

Menurutnya, kunjungan tersebut merupakan bagian dari strategi KPU untuk meningkatkan kesadaran dan tingkat partisipasi, masyarakat tentang arti penting Pemilu dan demokrasi.

Dalam kesempatan ini, Komisoner KPU juga memberikan pembelajaran dan bimbingan kepada para siswa SMP. Dialog dan tanya jawab seputar Pemilu  dipandu oleh Kornamen  Purba. Kegiatan ini juga diisi dengan nonton film sejarah Pemilu.

“Para pelajar sangat antusias dalam mengikuti kegiatan edukasi ini. Di rumah pintar pemilu, kita bisa mendapat wawasan tentang Kepemiluan. Kami siap memberikan edukasi ke masyarakat yang mengunjungi rumah pintar pemilu,” pungkas Edy selaku Kordinator Divisi SDM dan Parmas KPU Medan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *