10 Fasilitas Paling Diharapkan Pengguna Transportasi Umum

Transportasi umum merupakan sarana yang disediakan pemerintah untuk mendukung aktivitas masyarakat. Fasilitas memadai merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi agar masyarakat mau menggunakan transportasi umum. Berikut 10 fasilitas yang diharapkan ada pada semua transportasi umum versi survei Litbang KORAN SINDO.

1. AC

Kenyamanan menjadi salah satu masalah utama mengapa orang lebih suka menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan naik transportasi umum. Suhu panas dalam transportasi umum kerap membuat penumpang tidak nyaman. Itulah mengapa AC (Air Conditioning) diharapkan menjadi fasilitas yang diharapkan ada di transportasi umum. Selain kenyamanan, adanya AC dalam transportasi umum juga membuat keamanan penumpang lebih terjaga karena pintu yang selalu tertutup.

2. Wifi

Gaya hidup masyarakat kini yang sudah serba modern dan bergantung dengan internet, membuat kehadiran fasilitas wifi sangat diharapkan. Dengan adanya wifi, penumpang dapat mengakses internet dimanapun dia berada. Kehadiran wifi di transportasi umum akan membuat penumpang betah dan nyaman berada di transportasi umum.

3. Bangku Nyaman

Transportasi umum yang memiliki bangku “compangcamping” tentu membuat penumpangnya menjadi tidak nyaman. Bangku yang nyaman dan bersih membuat penumpang betah karena sensasi yang didapatkannya tidak jauh berbeda dengan kendaraan pribadi.

4. Pemutar Musik

Berada di dalam transportasi umum dalam waktu lama tentu dapat membuat penumpang merasa bosan. Kehadiran fasilitas pemutar musik dalam transportasi umum dapat mengusir kebosanan penumpang. Penumpang juga akan merasa lebih nyaman dan rileks berada dalam transportasi umum.

5. CCTV

Selain kenyamanan, keamanan juga menjadi salah satu masalah mengapa masyarakat lebih memilih kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum. Kehadiran CCTV diharapkan di transportasi umum guna mengurangi kekhawatiran penumpang akan aksi kejahatan. CCTV akan memudahkan pengawasan sekaligus menelusuri tindak kejahatan yang terjadi.

6. Toilet

Kehadiran toilet bersih dan wangi di sarana transportasi publik seperti stasiun serta terminal juga menambah kenyamanan penumpang. Faktanya selama ini fasilitas toilet yang tersedia masih jauh dari kata memadai.

7. Pemutar Film/TV

Bukan hanya pemutar musik saja yang dapat mengusir kebosanan saat berada dalam transportasi umum. Pemutar film/TV juga dapat mengusir kebosanan saat berada dalam angkuan publik. Perjalanan akan menjadi tidak terasa dengan adanya fasilitas ini.

8. Mesin Otomatis Jual Makanan

Rasa lapar tentunya sangat mengganggu. Mesin otomatis jual makanan merupakan solusi bagi para penumpang transportasi umum yang belum sempat makan sebelum melakukan perjalanan. Para penumpang juga tidak perlu repot-repot membawa perbekalan selama perjalanan.

9. Sistem Pembayaran Elektronik

Penumpang tidak perlu repot membawa uang jika sudah diterapkan sistem pembayaran elektronik dalam transportasi umum. Sistem pembayaran elektronik ini selain lebih praktis juga dirasa lebih aman dan menguntungkan.

10. Fasilitas Penyandang Disabilitas

Fasilitas umum diperuntukkan bagi semua orang tanpa adanya pembedaan. Dengan demikian, sudah seharusnya pengelola menyediakan pula fasilitas mumpuni bagi para penyandang disabilitas pada angkutan umum, seperti bangku khusus serta akses khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.