PLN Icon Plus dan PLN UID Sumut Gelar Apel Siaga Kelistrikan Nataru 2024/2025 Demi Jaga Pelayanan Prima

Pelayananpublik.id- PLN Icon Plus bersama PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara menggelar Apel Siaga guna memastikan keandalan kelistrikan dan konektivitas jaringan selama periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

Kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan sumber daya manusia, perlengkapan dan infrastruktur untuk menghadapi potensi lonjakan permintaan layanan. Apel ini diselenggarakan secara serentak di unit-unit PLN di seluruh Indonesia.

masa siaga kelistrikan ini berlangsung mulai 18 Desember 2024 hingga 8 Januari 2025. Hal ini untuk memastikan pasokan listrik dan konektivitas tetap aman, andal, dan nyaman bagi masyarakat selama periode perayaan berlangsung

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menyampaikan pentingnya menjaga keandalan pasokan listrik selama periode libur akhir tahun. “Satu, listriknya tidak ada gangguan. Kalau yang pakai mobil listrik, bisa sampai tujuan dengan nyaman dan juga selamat sampai tujuan. Sehingga bisa berkumpul, menikmati kebahagiaan dengan keluarga masing-masing. Itu adalah tujuan kita,” ungkap Darmawan.

Ia juga menegaskan komitmen PLN untuk menjaga keandalan layanan listrik dalam melayani kebutuhan pelanggan. “Kita memastikan, pertama adalah pasokan energi primer kita handal. Kita pastikan jalur transmisinya handal, jalur distribusinya aman dan prima. Kita juga pastikan fasilitas untuk kendaraan listrik, seperti SPKLU dan SPBKLU, juga handal.

Pada pelaksanaan Apel, General Manager PLN UID Sumatera Utara, Agus Kuswardoyo, juga melaporkan kesiapan kelistrikan di wilayah Sumatera Utara bahwa Daya mampu pasok wilayah Sumatera Utara saat ini tercatat sebesar 2.229 MW, dengan beban puncak mencapai 2.087 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 142 MW.

Sementara itu, untuk sistem Isolated Nias disampaikan bahwa daya mampu pasok sebesar 58 MW, dengan beban puncak 40 MW sehingga memiliki cadangan daya sebesar 18 MW.

General Manager PLN Icon Plus SBU Regional Sumatera Bagian Utara, Enrico H Batubara dalam acara apel siaga turut menyampaikan kesiapsiagaan menjaga kehandalan jaringan konektivitas untuk mendukung kelistrikan PLN, dengan menyiagakan 20 personil piket NOC 24 jam, 180 personil service point yang akan melakukan pengawasan terhadap kelancaran jaringan telekomunikasi yang tersebar di 42 Posko

Enrico juga menambahkan, bahwa PLN Icon Plus berkomitmen untuk memberikan layanan jaringan konektivitas terbaik selama perayaan Nataru. Ia juga menegaskan, kesiagaan ini merupakan agenda wajib yang dilakukan rutin pada periode nataru sehingga tetap mengutamakan kepuasan pelanggan.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyampaikan arahan strategis yang berfokus pada tiga aspek utama: menjaga keandalan jaringan backbone, memastikan kualitas layanan pelanggan, dan memprioritaskan keselamatan kerja. “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menghadirkan nilai tambah dalam setiap interaksi, terutama di momen penting seperti liburan nataru ini,” ujar Ari.

Langkah strategis ini menegaskan keseriusan PLN Icon Plus dalam membangun kepercayaan masyarakat melalui layanan yang andal dan responsif. Selain memastikan kesiapan teknis, kegiatan ini menjadi bagian dari visi jangka panjang PLN Icon Plus untuk memperkuat posisinya sebagai mitra strategis dalam mendukung kebutuhan pelanggan.

Dengan sinergi yang kokoh antara berbagai elemen perusahaan, Apel Siaga ini tidak hanya memastikan stabilitas operasional, tetapi juga mempertegas peran PLN Icon Plus sebagai penyedia layanan telekomunikasi, solusi digital, dan energi hijau yang terdepan dan terpercaya di Indonesia.