Inilah Negara-negara yang Sedang Berperang Melawan Israel

Pelayananpublik.id- Konflik di Timur Tengah tengah memanas terutama dalam kurun waktu setahun terakhir, yakni sejak Israel memulai agresi brutal di Jalur Gaza.

Banyak pengamat berasumsi jika negara-negara di Timur Tengah, termasuk Israel tidak berhenti berperang, maka potensi Perang Dunia ke-3 akan berada di depan mata.

Bahkan, mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, juga meyakini hal tersebut, seperti dikutip WSJ.

Saat ini beberapa negara ikut memerangi Israel karena kekejamannya terhadap Palestina. Berikut ini adalah beberapa negara yang berperang melawan Israel.

Lebanon

Lebanon ikutmemerangi Israel setelah kelompok milisi asal negara tersebut, Hizbullah, ikut terseret dalam konflik yang terjadi di Timur Tengah.

Hal ini disebabkan Israel diduga menyadap pager dan walkie talkie milik mereka. Akibatnya ratusan pager dan walkie talkie Hizbullah meledak serentak pada Selasa (17/9) dan Rabu (18/9).

Puncaknya, Israel menembakkan setidaknya 300 serangan udara ke markas Hizbullah yang ada Lebanon hingga menewaskan 100 orang per Senin (23/9).

Mendapat serangan itu Hizbullah pun tidak tinggal diam. Mereka langsung melakukan serangan balasan pada Selasa (1/10). Terbaru, Hizbullah menyerang Kota Haifa di Israel dengan roket terbesarnya pada Rabu (8/10), seperti dikutip Al Jazeera.

Suriah

Negara lain yang sedang berperang melawan Israel saat ini adalah Suriah.

Hal ini merupakan buntut dari serangan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di dekat kota pelabuhan Latakia, Suriah, pada Rabu (2/10) malam waktu setempat.

Media oposisi di Suriah melaporkan serangan tersebut menghantam sebuah gedung yang berada di dalam Pangkalan Udara Khmeimim. Itu merupakan pangkalan udara milik Rusia, yang diyakini menyimpan senjata untuk Iran.

Radio pro-pemerintah, Sham FM, mengabarkan pertahanan udara Suriah sudah berusaha mencegat beberapa rudal yang melintas di atas laut kawasan Latakia. Namun, upaya itu gagal sehingga rudal Israel berhasil mengenai target yang dituju.

Iran

Iran juga termasuk negara yang saat ini perang melawan Israel. Negara dengan mayoritas penduduk Islam Syiah itu menggunakan salah satu sayap militernya, Korps Garda Revolusi Iran (IRGC), untuk menyerang Negeri Zionis.

Baru-baru ini, IRGC juga ikut menyerang Israel. Serangan pertama mereka lakukan pada Selasa (1/10).

“Untuk pertama kalinya, IRGC menghancurkan perisai radar Hetz PRK dengan rudal hipersonik Fattah 2 dan 3,” demikian keterangan IRGC, seperti dikutip media Rusia, RIA.

Serangan tersebut menghantam pangkalan Angkatan Udara (AU) Israel. Namun, bukan hanya menghantam, banyak laporan mengklaim puluhan jet tempur siluman F-35 di Pangkalan AU Israel itu turut hancur. (*)