Dimarahi Bobby Karena Macat, Kadishub Medan Ubah Rute Angkutan di Simpang Pos

Pelayananpublik.id- Usai ditegur Walikota Medan Bobby Nasution karena jalanan macat, Kepala Dinas Perhubungan Medan Iswar Lubis mengubah rute angkutan umum yang ada di Jalan Jamin Ginting, daerah Simpang Pos, Kota Medan, mulai Jumat (26/7/2024).

“Perubahan rute angkutan umum luar kota yang ada di sepanjang jalan Jamin Ginting ini agar mereka tidak lagi masuk ke jalan Jamin Ginting yang mengarah ke Simpang Pos. Ini solusi yang dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di wilayah tersebut akibat banyaknya kendaraan umum yang ngetem,” kata Iswar Lubis dalam keterangannya, Jumat (26/7/2024).

Dishub Medan bersama Satlantas Polrestabes Medan serta Satpol PP Medan kemudian melakukan penertiban di sekitar lokasi hari ini.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Dalam rute yang baru tersebut, semua angkutan umum yang merupakan tujuan Medan-Karo dan sekitar, Medan-Aceh akan diubah menuju Terminal A Pinang Baris melalui Simpang Selayang.

“Untuk jalur keluar dari Terminal Tipe A Pinang Baris, AKAP/AKDP akan diarahkan ke jalan TB Simatupang masuk ke jalan Amal menuju jalan Ring Road kemudian masuk ke jalan Setia Budi (Simpang Selayang) dan keluar ke jalan Jamin Ginting mengarah ke Kabupaten Karo,” ucapnya.

Dengan adanya perubahan rute ini, kata Iswar, maka seluruh bus tidak diperbolehkan lagi untuk masuk ke jalan Jamin Ginting mengarah ke arah Simpang Pos yang selama ini terjadi. Karena tidak diperbolehkan lagi pihaknya juga akan memastikan seluruh pool bus di jalan Jamin Ginting tidak akan beroperasi.

“Kita akan lakukan patroli sepanjang jalan Jamin Ginting untuk memastikan tidak ada lagi pool bus yang beroperasi di jalan tersebut. Tentunya dengan perubahan rute ini aktifitas di pool bus yang selama ini ada di jalan Jamin Ginting akan tidak ada lagi. Ini juga akan berdampak terhadap kemacetan yang kerap terjadi di jalan Jamin Ginting,” sebutnya.

Menurut Iswar, pihak pool bus melalui mandor mereka juga telah diminta untuk dapat mengikuti aturan yang ditentukan. Artinya tidak ada lagi bus yang biasa beroperasi di Simpang Pos mulai hari ini.

Sebelumnya diberitakan, Bobby mengunggah video yang menampilkan dirinya memarahi Iswar bahkan sampai mengancam mencopotnya. Persoalan kemacetan di lokasi yang merupakan daerah bus angkutan umum menuju Kabupaten Karo disebut telah diperingati beberapa kali oleh Pemprov Sumut hingga Polda Sumut. (*)